Tips dan Cara Memilih Prosesor Smartphone Terbaik

Tips dan Cara Memilih Prosesor Smartphone TerbaikProfesorponsel.com – Mempunyai sebuah smartphone dengan kemampuan dapur pacu yang mumpuni adalah sebuah dambaan tersendiri bagi para pengguna gadget. Sampai kini saja sudah banyak sekali smartphone yang hadir dengan bekal prosesor canggih yang sudah cukup kompleks. Namun hal tersebut tidak membuatnya kita bisa dengan leluasa mengantinya layaknya sebuah perangkat komputer yang bisa kita gonta-ganti prosesor. Dan dengan demikian hal tersebut mengharuskan kita bisa sebijak mungkin dalam menentukan penggunaan prosesor smartphone yang akan kita gunakan. Prosesor terbaik tentunya lebih bisa menjamin kinerja dan juga performa yang jauh lebih optimal saat kita gunakan.
Tips dan Cara Memilih Prosesor Smartphone Terbaik
Untuk prosesor sendiri , memang ada empat jenis atau empat komponen yang terpasang pada mesin sebuah smartphone dan komponen tersebut antara lain :
1.Chipset

Chipset sendiri merupakan salah satu komponen yang cukup viral dalam sebuah dapur pacu smarphone, chipset sendiri adalah komponen yang merupakan sebuah tempat dimana prosesor akan ditempatkan. Komponen ini memiliki tugas sebagai pengatur komunikasi yang terjadi antara prosesor dengan semua komponen penting lainya dari sebuah mesin dapur pacu sebuah ponsel.
2. Core

Komponen ini sendiri mengemban tugas sebagai pembaca ataupun penggerak dari berbagai macam instruksi dari berbagai program. Dan untuk era saat ini sendiri sduah banyak sekali smartphone yang menggunakan prosesor lebih dari satucore, contohnya saja dual core, hingga ada juga penggunaan octa core.
3. Clock Speed

Clock Speed sendiri adalah sebuah ukuran frekuensi maksimum yang bisa dijalankan oleh sebuah core dalam rentan waktu satu detik. Untuk penggunaan satuan yang digunakan adalah Giga Hertz (GHz), seperti 1 GHz, 2 GHz, dan seterunya. Komponen seperti in juga bisa kamu temukan dari beberbagai spesifikasi ponsel yang sudah satau tuliskan pada postingan sebelumnya.
4. GPU

Graphics Processing Unit atau yang biasa disingkat dengan sebutan GPU adalah sebuah komponen yang memiliki fungsi untuk mengatur segala bentuk grafis dari sebuah ponsel. Untuk itu memilih GPU dengan kualitas yang sudah terbukti sebuah keharusan agar grafis yang diberikan smartphone kita begitu mantap. Meski begitu, performa dari GPU sendiri akan sangat bergantung pada clock speed serta jumlah core yang digunakan oleh sebuah smartphone.
Baca juga :

Spesifikasi Polytron Prime 7s Terkini

5 Ponsel RAM 4 GB Dan Storage 64 GB Terbaik 2017

Cara Merekam Layar Smartphone Android Tanpa ROOT

Dari keempat komponen yang sudah saya informasikan, mereka semua memiliki pengaruh yang sangat besar untuk menentukan sebuah performa dari sebuah smartphone. Menggunakan smartphone dengan chipset terbaru, core dan juga clockk speed tertinggi , dan juga GPU terbaik bisa lebih menjamin performa yang sangat ciamik untuk sebuah smartphone. Dan tentunya performa yang ciamik tersebut akan kita rasakan dari ringannya berbagai aktivitas yang kita jalankan pada smartphone dan juga ponsel yang kita pakai tentu mampu memainkan game kelas atas tentunya.
Untuk penggunaan prosesor yang paling sering dipakai oleh kebanyakan ponsel android saat ini adalah seri Snapdrgaon buatan Qualcomm. Sedangkan untuk GPU Adreno sendiri banyak digunakan oleh smartphone bikinan Sony, LG, Samsung, dan masik banyak produsen smarphone besar yang juga menggunakan GPU Adreno tentunya.
Sedangkan untuk sisanya banyak juga yang menggunakan prosesor buatan MediaTeK. Prosesor ini sendiri memiiki harga yang cukup murah, dan untuk penggunanya sendiri banyak dipergunakan oleh smartphone buatan Cina ataupun produsen  lokal. Penggunaan prosesor ini tentunya bergejolak dari harga smartphone yang murah dan berbading terbalik dengan yang menggunakan prosesor Snapdragon.
Untuk Apple sendiri mereka mempunyai prosesor sendiri untuk jenis prosesor yang digunakan oleh seri Apple A6 serta Apple A7 yang merupakan jenis prosesor smartphone 64-bit pertama di dunia. Mencoba menandingi hal tersebut, Samsung juga tidak mau diam dan menciptakan prosesor sendiri yaitu Exynos yang tidak jarang juga untuk merka gunakan sebagai pengganti peran dari Snapdragon. Turut meramaikan juga sebuah prosesor smartphone yang cukup tenar dengan nama Nvidia Tegra serta Intel Atom.
Menentukan sebuah prosesor dirasa tidak akan sulit untuk sebuah prosesor yang cocok untuk kita gunakan, kita hanya tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan yang kita perlukan saja. Jika kita hanya membutuhkan sebuah prosesor untuk penggunaan komunikasi saja, maka prosesor single core dengan penggunaan frekuensi 1 GHz dirasa sudah cukup untuk kebutuhan anda tersebut. Namun untuk penggunaan gaming yang tingkat tinggi, maka saya sarankan anda untuk memiliki spesifikasi prosesor yang lebih tinggi dibanding dengan penggunaan komunikasi saja.
Tidak cuman prosesor saja yang bisa menentukan performa smartphone menjadi lincah, dan yang juga memiliki peran besar adalah RAM. Jika kita memilih smartphone android, RAM 1 GB memang sudah merupakan pilihan yang cukup ideal. Untuk saat ini memang tidak sedikit ponsel dengan RAM besar besaran, 4 GB, 3 GB, 2 GB , bahkan ada yang sudah 6 GB dan tentunya harga smartphone tersebut berbeda-beda. Dan semua juga tergantung kembali kepada kebutuhan yang anda perlukan.
Yang juga menjadi tolak ukur lain dari kemampuan smartpone adalah benchmark. Dan ini juga sudah saya tuliskan sebelumnya tetang cara menguji kemampuan smarphone dengan menggunakan Antutu Benchmark. Denga menggunakan aplikasi tersebut kamu bisa melihat poin yang dihasilkan oleh semua komponen smartphone. Hasil tersebut sudah bisa memberikan kita sebuah gambaran tetang kinerja dan performa dari sebuah smartphone. Untuk kamu yang suka dengan artikel ini silahkan share dan begikan ke teman kamu.
Tips dan Cara Memilih Prosesor Smartphone Terbaik | masnyus | 4.5