Spesifikasi Microsoft Lumia 535 Dual SIM – Agustus 2017

Tuesday, January 10th, 2017 - 1 - 2 Juta'an, Microsoft, Review Ponsel
Spesifikasi Microsoft Lumia 535 Dual SIM – Mungkin sebagian besar dari kita sudah banyak yang tahu bahwa Vendor besar Nokia yang sudah di ambil alih oleh Microsoft . Dan seri Microsoft Lumia 535 Dual SIM merupakan versi Lumia terbaru yang menggunakan nama Microsoft yang sebelumnya masih tetap menggunakan nama Nokia. Ponsel terbaru dari Microsoft ini memiliki harag yang cukup terjangkau dan tentunya tidak akan membuat dompet agan semua menjadi kosong, perlu kita pahami bahwa Microsoft Lumia 535 merupakan penerus dari Nokia Lumia 530 yang dahulunya masih dipegang oleh Nokia dan kini beralih di pegang sang pemiliki Windows yang merupakan sisitem pengoprasian pada seri ponsel Lumia.

Spesifikasi Microsoft Lumia 535 Dual SIM
Microsoft menggunakan seri operasi mereka dengan menggunakan jenis warna berbeda hal dengan Android yang menggunakan nama – nama makanan untuk menamai seri sistem operasi mereka. Microsoft Lumia 535 Dual SIM sendiri kabarnya telah menggunakan Microsoft Windows Phone 8.1 atau Denim sebgai salah satu sistem pengoprasiannya. Berbekal beragam fitur unggulan tentunya ponsel ini sendiri memiliki harapan untuk mampu menembus target penjualan di pasar Indonesia tentunya, keunggulan ini bisa kita rasakan dan kita lihat dari sistem operassi yang sudah menggunakan Windows Phone 8.1 atau Denim. Dari segi pengoprasian tentunya sudah terbukti cukup baik , lalu bagaiman dengam desain yang digunakan oleh ponsel terbaru dari Microsoft ini ?
Desain Khas Ponsel Lumia
Microsoft Lumia 535 Dual SIM sendiri menggunakan bentuk desain yang begitu menawan meski hanya menggunakan bahan material plastik yang terkandung sedikit jenis doft yang tentunya akan terasa sedikit lentur.  Desain bodi sendiri tidak meninggalkan sentuhan khas dari ponsel Lumia dengan lengkungan pada back cover serta layar yang begitu rapat dengan bazelnya. Microsoft Lumia 535 Dual SIM sendiri sudah mengikuti trend terkini dengan memberikan layar 5.0 inches dan meninggalkan ukuran layar lamanya yang hanya 4 incian saja.  Dan pada bagaian layar sendiri terdapat tiga tombol capacitive yang bisa keluar jika kita tarrik ke atas pada bagian layarnya, dan pada bagian layar sendiri sudah terdapat lapisan pelindung Gorilla Glass 3 yang akan melindungi layar ini dari bermacam goresan dan juga benturan. Pada bagian kanan sendiri terdapat tombol volume dan bagian bawah tombol volume terbenam tombol power, sedagkan pada bagian bawah frame terdapat letak lubang charger atau USB yang berfungi sebagai lubang charger atau ces. Penggunaan material plastik tentunya akan sedikit efesien dan tentunya memiliki ukuran berat yang cukup ringan dan mampu meredam suhu hangat yang mungkin akan timbul ketika ponsel ini menjalakan beberapa fitur aplikasi secara bersamaan.
Tampilan Display
Ukuran segi kuwalitas tampilan layar Microsoft Lumia 535 Dual SIM memiliki tampilan layar yang cukup baik meski hanya menggunakan panel dengan tipe IPS LCD yang memiliki kuwalitas tampilan yang cukup smooth. Ukuran layar yang mencapai 5.0 inches ini memiliki resolusi 540 x 960 piksel dengan tingkat kerapatan hingga 220 ppi yang terbilang cukup standart dan tidak terlalu istimewa. Walau terbilang hanya memiliki kuwalitas tampilan yang tidak terlalu muluk – muluk , Microsoft Lumia 535 mampu mengobati para penggunanya dengan layar yang sudah terpasang dnegan lapisan Gorilla Glass 3 yang merupakan lapisan pelindung layar yang sudah teruji ketahanannya kepada beragam goresan maupun benturan. Layar 5.0 inches ini sediri sudah memilik tampilan layar yang sudah cukup baik untuk kelas ponsel Lumia dengan level harag yang hanya berda di kelas entery level. Microsoft sendiri mencoba meninggalakan layar 4.0 inches yang dulu sering di pakai oleh ponsel Lumia dan kini Microsoft mencoba beralih dan mulai mengikuti tredn layar 5.0 inches.

Spesifikasi Microsoft Lumia 535 Dual SIM
Network
Untuk kuwalitas jarigan atau Network yang digunakan, Microsoft Lumia 535 masih menggunakan jaringan 3G atau HSPA yang merupakan jarinan yang sedikit tertinggal yang kini mulai banyak ditinggalkan oleh para pengguna Smartphone yang mulai beralih menggunakan jaringan 4G LTE. Jaringan HSPA memang masih tertinggal namun masih banyak juga para pengguna Smartphone yang masih menggunakan jaringan ini demi menyetabilkan koneksi sebab tidak semu provider menyediakn jaringan 4G LTE disetiap lokasi maupun wilayah.
Kamera
Lensa yang digunakan oleh ponsel ini sejatinya memiliki lensa kamera yang terbilang rendah, hanya lensa 5 MP pada bagian belakang dan pada bagian depan juga sama. Kuwalitas yang dihasilkan juga terbilang hanya standart dan tidak terlalu istimewa, memang kuwalitas yang diberikan cukup tertinggal dimana kebanyak Smartphone sekarang menggunakan lensa 8 MP untuk kamera belakangnya dan itupun terhitung resolusi lensa yang cukup rendah. Saya sedikit heran kenapa Microsoft menyediakan dua resolusi kamera denagn kuwalitas lensa kamera yang sama untuk kamera depan maupun kamera belakangnya.Namun untuk kuwalitas kamera belakangnya sendiri sudah di tunjang dengan LED Flash yang tentunya bisa lebih mengoptimalkan kinerja dari kamera belakang dari ponsel ini. Fitur tambahan lain seperti face detection, autofocus, touch focus tetap ada pada ponsel ini dan tentunya fitur HDR yang tidak akan pernah tertinggal.
Hardware
Untuk jenis racikan hardware yang digunakan Microsft menggunakan racikan CPU Quad-core 1.2GHz yang akan berkerja sama dengan Chipset Qualcomm Snapdragon200 yang diharapkan bisa memeberikan kinerja yang cukup stabil dan responsive. Ponsel ini sendiri telah mendapatkan dukungan kapasitas RAM 1 GB dan storage 8 GB yang bisa kita tambah dengan eksternal memori microSD hingga 32 GB. Walau racikan ini tidak terlalu istimewa namun rasanya racikan ini sudah cukup baik untuk sekelas ponsel Lumia. Bebrapa kekurangan memang jelas terasa dan terlihat yang tentunya diharapkan bisa menjadikan perbaikan dari sektor fitur yang akan dibawakan oleh ponsel Microsoft pada masa yang akan datang. Spesifikasi yang lebih lengkap ada pada tabel seperti di bawah ini :

 

Spesifikasi Microsoft Lumia 535
Jaringan GSM / HSPA
SIM card Dual SIM
Layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16 juta warna,5.0inches, 540 x 960 piksel, – 220ppi
Prosesor Quad-core 1.2GHz Corte-A57
Chipset Qualcomm Snapdragon 200
GPU Adreno 305
Sistem operasi Microsoft Windows Phone 8.1
Memori internal 8 GB up to microSD 32 GB
RAM 1 GB
Kamera depan 5 MP face detection, touch focus, Panorama HDR,
Kamera belakang 5 MP, face detection,Autofokus,LED Flash, touch focus, Panorama, HDR
GPS A-GPS
Video 480p@30fps HD
WLAN Wi-Fi 802.11a/ b/g/n, Wi-Fi direct , Hotspot
Bluetooth v4.0, LE
Sensor Proximity, Magnetic,
Warna ,Black, Blue , Yelow
Berat 146 gram
Ketebalan 8.8 mm
Baterai Li-Lon 1905 mAh
Harga baru Rp 1.250.000
Harga bekas Rp 900.000
Harga bisa berubah sewaktu – waktu
Kelebihan Microsoft Lumia 535 Dual SIM :
  1. Memiliki dual SIM
  2. Kamera belakang memiliki LED Flash
  3. Sudah menggunakan Windows Phone 8.1
  4. Kapasitas RAM 1 GB
  5. Berat yang cukup ringan
  6. Menejemen baterai yang cukup baik.

 

Kelemahan Microsoft Lumia 535 Dual SIM :
  1. Masih menggunakan bahan plastik
  2. Belum 4G LTE
  3. Minim sensor
  4. Kuwalitas kamera yang terbilang standart
  5. Resolusi layar yang terbilang rendah.

 

Dan itu dia beberapa informasi dan review yang bisa saya berikan dan semoga akan menjadi informasi yang bermanfaat bagi pembaca.
Spesifikasi Microsoft Lumia 535 Dual SIM – Agustus 2017 | masnyus | 4.5