Cara Backup dan Restore iPhone Termudah

Saturday, June 3rd, 2017 - iOS
Cara Backup dan Restore iPhoneProfesorponsel.com – Artikel ini mungkin adalah artikel yang sangat kamu cari, dan alasan kamu untuk mencari informasi bagaimana cara backup data iPhone anda secara aman dan tentunya mudah untuk kamu lakukan mungkin adalah sebuah solusi yang kamu inginkan untuk saat ini. Meng-back up data dari ponsel iPhone memang terkadang sangat diperlukan berkat beberapa faktor yang mengharuskan kita melakukan hal tersebut. Faktor yang paling sering terjadi adalah dimana kamu ingin menjual kembali ponsel iPhone yang selama ini kamu gunakan dan kamu akan memerlukan format ulang pada iPhone yang akan kamu jual, dan tentunya ini akan berimbas pada seluruh data dan juga file kamu akan terhapus secara total dari perangkat yang kamu format tadi.
Cara Backup dan Restore iPhone Termudah
Backup pada iTunes maupun iCloud adalah salah satu solusi paling tepat jika kamu masih ingin menggunakan data lama kamu pada perangkat ponsel iPhone baru kamu. Namun pada faktanya ternyata tidak semua orang memahami bagaimana cara back up data iPhone dengan tepat. Ini sangat berbeda sekali dengan android yang dimana backup bisa kita lakukan dengan mudah sekali, kamu hanya perlu copy paste data android kamu ke perangkat komputer yang kamu gunakan. Dan tentu ini berbanding terbalik dengan iPhone maupun perangkat dari Apple lainya.
Kamu harus sangat cermat dalam melakukan backup melalui iTunes maupun Cloud. Tida hanya itu saja, kamu juga harus mengetahui cara yang benar untuk merestore smartphone iPhone untuk mengembalikan datanya kembali ke perangkat iPhone yang kamu gunakan. Dan dengan alasan tersebut Profesorponsel akan membagikan tips dan cara untuk melakukan back up dan juga restore pada perangkat iPhone yang kamu pergunakan dengan mudah, dan langsung saja kamu simak tips dan cara yang Profesorponsel akan sampaikan disini.
Tips Backup iPhone yang Benar

Backup pada perangkat ponsel iPhone akan sangat penting untuk kamu lakukan jika kamu ingin berganti ponsel atau perangkat yang akan kamu pergunakan, namun proses ini harus kamu lakukan dengan sistem berkala. Hal ini akan mendasar dengan tidak taunya kita mengenai kapan iPhone yang kita gunakan akan menjadi error, lupa dengan password, dan masih banyak hal lainya yang mewajibkan kita untuk melakukan reset ulang pada perangkat iPhone yang kita gunakan dan backup adalah salah satu solusi untuk menjaga-jaga akan kejadian yang tidak bisa kita perhitungkan ini.
Dan untuk anda yang menemukan kesulitan untuk melakukan backup pad iPhone yang kamu gunakan, kami Profesorponsel akan berbagi tips dan cara backup dengan baik dan benar yang bisa kamu lakukan secara manual di rumah kamu :
Via iCloud

Apple memang menciptakan sebuah gagasan mengenai ruang penyimpanan yang mereka pasangkan pada setiap perangkat buatanya yang diberi nama iCloud. iCluod sendiri mampu menyimpan seluruh data kamu secara online, dan jika kamu belum terlalu memahami mengenai bagaimana proses kinerja iCloud kamu tentunya lebih mengenal Google Drive atau mungkin Dropbox pada perangkat ponsel android. Dan kinerja dai iCloud sendiri tidak berbeda jauh dengan sistem penyimpanan data secara online yang dimilikiandroid dengan Dropbox maupun Google Drive milik mereka.
Cara Backup dan Restore iPhone Termudah
iCloud sendiri bisa kamu gunakan untuk menyimpan bermacam file yang ingin kamu simpan secara online, entah itu adalah dokumen, gambar, video, dan bahkan bisa saja data musik di perangkat kamu. Kamu bisa mengakses semua data yang kamu simpan secara onlinde dengan mudah dengan catatan kamu harus mempunyai akses data koneksi internet yang cukup. Dan dibawah ini adalah langkah-lagkah untuk mencadangkan maupun backup data perangkat yang kamu gunakan dengan menggunakan iCloud :
  1. Kamu pastikan iPhone yang kamu gunakan sudah terhubung dengan koneksi internet dengan baik, saya sarankan lebih baik kamu menggunakan koneksi Wi-Fi agar koneksi lebih cepat dan juga stabil.
  2. Nmaun jika kamu menggunakan perangkat iPhone  yang sudah menggunakan IOS 8, kamu diharuskan untuk masuk menu “pengaturan”,dan kemudian kamu pili “iCloud”, dan kemudian kamu pilih “penyimpanan dan cadangan “.
  3. Kemudian kamu aktifkan cadangan iCloud kamu dengan mengarahkan slide di sebelah tulisan  “Cadangkan iClod” hingga tulisan berubah warna menjadi hijau.
  4. Dan selanjutnya kamu tekan menu “Cadangkan Sekarang” dan juga kamu pastikan iPhone agar tetap terkoneksi dengan akses Wi-Fi sampai proses backup yang kamu lakukan sudah selesai 100%.
  5. Untuk lebih memastikan bahwa semua data sudah kamu backup dengan baik dan benar, kamu masuk ke “Pengaturan”, dan kamu pilih “iCloud”,pilih “Penyimpanan”, dan kemudian backup yang baru saja kamu buat akan secara otomatis terlihat dengan waktu serta ukuran data tersebut.

Menggunakan iTunes

Jika kamun sudah lama menggunakan iPhone, tentunya kamu sudah merasakan akrab dengan piranti yang dibesut oleh Apple ini. iTunes sendiri memiliki fungsi untuk membeli lagu maupun untuk memutar lagu yang kamu inginkan. Namun dibalik itu semua, iTunes ternyata bisa kamu gunakan untuk pengelolaan data yang ada pada peranagkat iPhone, iPad, serta iPod yang kamu gunakan.
iTunes memang memiliki fungsi lain, dia bisa melakukan backup data dari perangkat iPhone yang kamu gunakan. Proses ini sendiri bisa kamu lakukan tanpa akses kneksi internet alias bisa dengan kondisi offline. Dan ini adalah cara-cara  serta kangkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencadangkan data perangkat kamu dengan menggunakan iTunes :
Cara Backup dan Restore iPhone Termudah
  1. Kamu sambungkan iPhone yang kamu gunakan ke perangkat PC atau komputer kamu dengan menggunakan sambungan USB, dan kamu buka iTunes dari komputer atau PC kamu.
  2. Kamu klik saja “File”, dan kemudian kamu pilih “Perangkat”, dan kemudian kamu klik saja “Cadangkan”.
  3. Kamu tunggu saja hingga proses backup data kamu sampai selesai 100%.
  4. Kamu pastikan kembali jika semua data sudah ter backup 100% di iTunes, kamu tinggal mengeceknya dengan masuk ke dalam menu “Preferensi” di iTunes dan kamu klik “Perangkat”, dan secara otomatis layar dari komputer kamu akan menunjukan nama dari perangkat kamu yang sudah sukses kamu backup.

Tips Untuk Melakukan Restore Pada iPhone

Jika kamu sudah cukup faham dengan cara backup data iPhone kamu dengan iCloud maupun iTunes, maka ini adalah waktunya kamu untuk lebih mengetahui cara restore iPhone dengan baik dan juga benar. Restore sendir merupakan cara atau upaya untuk mengembalikan seluruh data yang sudah berhasil kamu backup, dan berikut ini adalah tips untuk melakukan restore perangkat iPhone dengan baik dan juga benar dari iCloud maupun iTunes :
Baca juga :

5 Aplikasi Download Musik iPhone Terbaik Yang Bisa Kamu Miliki

Cara Menggunakan ID Apple Lama Pada Perangkat Baru

iCloud

Jika pada bahasan sebelumnya saya sudah menjelaskan tetang bagaiman cara backup data via iCloud dengan baik dan benar, maka kamu bisa mengukuti jejak tips sebagai berikut untuk melakukan restore data iPhone kamu dengan baik dan benar tentunya. Proses ini sendiri bisa kamu lakukan dimana saja dengan catatan koneksi akses internet kamu berjalan dengan stabil dan juga cepat tentunya.
Cara Backup dan Restore iPhone Termudah
  1. Kamu pastikan kembali jika iPhone kamu sudah terkoneksi dengan Wi-Fi sebelum kamu menjalankan proses restore perangkat iPhone yang kamu gunakan.
  2. Masuk saja ke dalam menu “iCloud” dan kemudia kamun pilih “Pulihkan dari Cadangan iCloud” atau jika dengan bahasa Inggris tulisanya seperti ini “Restore from iCloud Backup”.
  3. Kamu pilih dengan tepat backup data kamu dengan tanggal sertab waktu kapan anda sudah melakukan backup tersebut.
  4. Kamu masukan rician dari akun yang kamu gunakan suaya kamu bisa dengan mudah untuk mengakses iCloud.
  5. Dan kamu nantikan saja beberapa saat kemudian, dan secara otomatis data yang sudah kamu backup akan kembali ke perangkat iPhone kamu. Kamu pastikan sekali lagi agar iPhone kamu tetap terhubung dengan koneksi internet maupun Wi-Fi, ini dikarenakan proses restore ini amat membutuhkan koneksi internet hingga benar-benar 100% selesai.

iTunes

Cara Backup dan Restore iPhone Termudah


Jika kamu merasa tidak ada akses internet yang bisa untuk kamu andalkan, maka kamu bisa melakukan restore dengan iTunes bukanlah perkara yang sulit untu kamu lakukan. Namun tentunya kamu sudah melakukan backup data ke dalam perangkat PC ataupun komputer yang akan kamu gunakan untuk merestore data kamu kembali.
  1. Kamu hubungkan perangkat iPhone kamu dengan PC atau komputer yang sudah kamu gunakan untuk mengbackup data dari pernagkat iPhone kamu sebelumnya.
  2. Kamu buka iTunes dari PC atau komputer kamu tadi, dan kamu pastikan juga jika kamu sudah menggnakan iTunes dengan versi paling baru.  Namun jika belum, kamu bisa klik notification pembaruan yang akan ditayangkan ketika kamu membuka iTunes.
  3. Kamu klik “File”, kemudian “Perangkat”, teruskan dengan klik “Pemulihan dari Cadangan”.
  4. Dan pilih backup data kamu yang harus sesuai dengan tanggal dan juga waktu kapan kamu mengbackup data iPhone kamu ke perangkat PC atau komputer tersebut.
  5. Klik “Pulihkan” atau “Restore” , dan tunggu hingga proses tersebut selesai. Kamu pastikan juga jika iPhone yang kamu gunakan masih tetap terhubung dengan perangkat PC atau komputer sampai proses tersebut benar-benar sudah selesai.

Melakukan backup dan juga restore tentu memang terhitung mudah namun memerlukan ketelitian dan juga kinerja yang berhati-hati agar proses yang anda lakukan ini bisa berjalan dengan baik . Sejatiya ada dua macam tips yang bisa kamu lakukan jika kamu tidak ingin data yang sangat berharga dari perangkat kamu menjadi hilang. Pertama , pastikan kamu untuk selalu rutin melakukan backup data iPhone menggunakan iCloud ataupun iTunes, dan ini harus anda lakukan dikarenakan data iPhone yang kita miliki bisa hilang kapan saja.
Kedua adalah lakukan resotore iPhone dan juga backup sendiri demi menjamin data yang kamu miliki lebih terjaga dengan baik.  Jika bisa hindari meminta pertolongan orang lain untuk melakukan backup maupun restore perangkat iPhone yang kamu gunakan. Karena ini menghindari bocornya foto, dokumen, file, data serta file-file penting kamu bocor ke oranag lain. Dan selamat mencoba dan semoga berhasil !!
Cara Backup dan Restore iPhone Termudah | masnyus | 4.5