7 Ciri-Ciri Ponsel Android Terkena Virus dan Cara Mengatasinya

7 Ciri-Ciri Ponsel Android Terkena VirusProfesorponsel.com – Memang begitu banyak hal yang bisa kita lakukan dengan hanya menggunakan smartphone. Dan salah satunya adalah untuk keperluan menyimpan semua data –data penting yang kita punya, menajalankan beberapa transaksi perbankan, dan masih banyak lagi aktivitas yang bisa kita jalankan yang dimana aktivitas tersebut berhubungan dengan internet.
7 Ciri-Ciri Ponsel Android Terkena Virus dan Cara Mengatasinya
Itu adalah sebagain fungsi baik dan normal dari sebuah smartphone, namun tentu hal tersebut juga lekat dibayangi oleh para penjahan cyber yang dimana mereka menargetkan para pengguna smartphone untuk mereka manfaatkan. Apa mungkin smartphone ynag kita pergunakan sudah terjangkiti oleh virus malware ? Dan berikut ini adalah beberapa tanda dari smartphone android yang mungki sudah terjangkiti oleh virus jahat yaitu virus malware.

Ciri-Ciri Ponsel Android Terkena Virus dan Cara Mengatasinya

1. Sering Muncul Iklan Pop-up

Tanda pertama yang mungkin pernah kita rasakan dari smartphone yang kita gunakan adalah dengan seringnya muncul iklan pop-up. Iklan seperti ini biasanya cenderung akan muncul disana-sini layar ponsel yang kita gunakan. Memang biasanya iklan seperti ini muncul pada saat kita sedang membuka aplikasi yang ada pada ponsel android kita ataupun pada saat kita membuka game gratis tertu dan itu termasuk sebuah hal yang wajar sekali.
Namun jika kamu mendapati iklan pop-up muncul pada saat kamu sedang tidak melakukan aktivitas apapun pada smartphone kamu, itu bisa jadi sebua tanda jika ponsel yang kamu gunakan sudah terkena virus malware. Misalnya saja pada saat kita sedang membuka homescreen, lockscreen, ataupun aktivitas lain yang tidak berhubungan dengan aplikasi dan iklan tersebut muncul. Maka saya sarankan kamu untuk tidak mengklik iklan tersebut, ilkan tersebut mungkin adalah sebuah jalan yang diatur oleh para cyber malware untuk meretas semua data pribadi yang kamu miliki.
2. Baterai Smartphone Jadi Boros

Baterai smartphone yang cepat habis atau boros memang sering kali kita kaitkan dengan penggunaan aplikasi yang berlebihan ataupun koneksi yang terlalu berat. Namun hal tersebut memang terkadang benar namun tidak juga akan selalu benar, ini bisa kita timbang dengan penggunaan smartphone kita yang masih dalam taraf wajar. Mungkin saja ada program lain yang sedang berjalan di background yang bisa saja program tersebut adalah background virus yang menjangkiti ponsel android kita.
Baca juga :

10 Aplikasi Pencari Ponsel Android yang Hilang Terlaris

Cara Membuat Pemberitahuan Chatting Melayang Mirip Facebook Messenger

Cara Memakai Kuota VideoMAX Telkomsel Dengan Mudah

Kamu bisa mengecek hal tersebut dengan cara mengecek kembali semua aplikasi yang tidak kamu inginkan atau tidak penting untuk kamu gunakan. Kamu buka saja Settings > Apps untuk melakukan pemeriksaan pada seluruh daftar aplikasi yang ada pada smartphone android yang kamu gunakan.
Dari list tersebut, tentu kamu harus jeli, dan kamu bisa menentukan manakah aplikasi asing yang memang tidak kamu inginkan atu mungkin tidak pernah kamu fungsika.
3. Menerima SMS Aneh dan Mengirim SMS Aneh

Salah satun tanda lain yang mengindikasikan ponsel yang kita gunakan terjangkiti virus malware adalah ponsel yang kita gunakan terkadang bisa saja mengirim SMS secara sembunyi-sembunyi, bahkan terkadang juga bisa membuat sebuah panggilan telepon tanpa sepengetahuan kita. Jika memang kamu merasakan mendapati sebuah SMS aneh, namun kamu tidak pernah merasa pernah melakukannya, maka bisa jadi smartphone yang kamu gunakan sudah di-hack.
7 Ciri-Ciri Ponsel Android Terkena Virus dan Cara Mengatasinya
Biasanya memang kejadian seperti ini adalah sebuah dampak dari teknik phsing yang dilakukan penjahat cyber dengan cara mengambil alih akun perbankan atau bisa saja media sosial milik kamu. Jaln keluar untuk megatasi masalah ini adalah dengan cara  menghapus SMS tersebut dan akan lebih baik lagi jika kamu mengaktifkan otentikasi dua langkah pada semua layanan yang mendukung.
4. Kuota Cepat Sekali Habis

Mungkinkah kamu pernah berfikir jika kuota kamu yang cepat habis adalah dampak dari virus malware ? Hal ini memang cukup asing terdengarnya , namun bisa saja ini terjadi. Untuk membuktikannya kamu bisa mengecek aplikasi mana saja yang memang tergolong aplikasi yang terlalu banyak dalam mengkonsumsi kuota kita. 
Cara mengeceknya adalah dengan cara sebagai berikut :
  1. Buka Pengaturan.
  2. Masuk ke Data Usage.

Dan dari situlah kita bisa melihat aplikasi mana saja yang menyedot cukup banyak jumlah kuota yang kita gunakan.  Dan jika memang pada faktanya aplikasi tersebut sering kamu gunakan, maka hal tersebut tentu bukan masalah dan merupakan hal yang sangat wajar.
Nah yang tidak wajar adalah jika kita mendapati aplikasi yang jarang sekali kita gunakan namun memakan banyak sekali jumlah kuota internet, ini sangat patut sekali untuk amu curigai. Dan jalan terbaiknya adalah kamu copot atau hapus saja aplikasi tersebut dari smartphone yang kamu gunakan.
5. Smartphone Mendadak Lemot

Salah satu tanda yang bisa kamu gunakan sebagai tanda patokan jika smartphone yang kamu gunakan sedang terjakit virus adalah performanya yang lelet atau lemot dan yang terparah adalah sering mendadak hang. Dan bisa saja memang smartphone kamu sudah mengunduh sebuah chace yang memuat malware berbahaya.
Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan “clear cache”. Cache sendiri merupakan beberapa file aplikasi ataupun situs web yang tersimpan pada perangkat smartphone yang kita gunakan.  Cache sendiri memang terkadang sangat memudahkan dalam sitem pencarian yang dilakukan ponsel kita agar menjadi lebih cepat dan mempersingkat waktu.
Nah ini adalah cara untuk menghapus semua cache di smartphone kamu :
  1. Settings.
  2. Storage cara – menghapus – cache.
  3. Internal Shared Storage.
  4. Cached Data cara-clear-cache-di-android.
  5. OK (utuk konfirmasi persetujuan).

6. Waktu Booting yang Menjadi Tidak Normal

Dan ciri-ciri lain adalah waktu booting ponsel yang biasanya tidak lama menjadi cukup lama adalah salah satu tanda jika smartphone kita sudah terjangkit virus malware. Menang kemungkinan tersebut terkadan dikarenakan RAM dan juga mmemori internal yang ada pada smartphone kita teramat rendah.
Dan memang munkin saja proses booting yang lama adalah dampak buruk dar ponsel android yang kita gunakan sudah digrogoti oleh virus malware. Dan solusi untuk mengatasi hal tersebut hanya ad a satu jalan saja, yaitu dengan melakukan factory reset.
7. Redirect Malware

Jika saja kamu pernah browsing ataupun membuka sebua aplikasi tertentu, namaun pada aktivitas tersebut kamu mendapati redirect ke situs yang cukup mencurigakan. Kamu harus waspada , karena bisa jadi itu adalah virus jebakan malware. Solusinya adalah dengan kembali untuk memerikasa semua daftar aplikasi yang ada pada perangkat smartphone yang kamu gunakan.
Dan itu adalah semua tanda-tanda yang bisa menyimpulkan jika smartphone yang kamu gunakan sudah terjangkiti oleh virus malware. Mungkin kita memang tidak teralu memperdulikan potensi bahaya yang mengitai dari virus seperti ini sebelum kita benar-benar mengalami kejadian buruk dari virus seperti ini.
Dan yang terpenting kamu sudah begiitu memahami 7 Ciri-Ciri Ponsel Android Terkena Virus dan Cara Mengatasinya yang sudah saya sampaikan sedetail mungkin. Dan semoga postingan saya kali ini sangat bermanfaat untuk semua pembaca , terima kasih
7 Ciri-Ciri Ponsel Android Terkena Virus dan Cara Mengatasinya | masnyus | 4.5