6 Cara Mudah Cek IMEI Ponsel Android Terbaru

6 Cara Mudah Cek IMEI Ponsel Android – Profesorponsel.com – IMEI merupakan sebuah nomor seri yang memiliki fungsi sebagai identitas suatu perangkat smartphone ataupun ponsel dengan jenis apapun. Dan pada kenyataannya adalah jika nomor IMEI dari semua seri atupun merk smarphone ataupun ponsel dan tablet tidak akan pernah sama satu dengan yang lainya. Dan fungsi nyata IMEI adalah untuk apa ?

Menjawab pertanyaan di atas , kita akan menengok sedikit fungsi lain dari nomor seri IMEI. Namun pada nyatanya fungsi nomor seri IMEI memang sangat banyak sekali dan sejatinya memang sangat bermanfaat bagi pengguna maupun pemilik ponsel dengan nomor IMEI tersebut. Tidak hanya sekedar untuk mengindikasi perangkat saja, IMEI juga mempunyai fungsiuntuk melacak keberadaan ponsel yang hilang ataupun kamu bisa menggunakan Cara Menumkan Ponsel Android yang Hilang.  Dan terlebih pentingnya adalah kita bisa memastikan keaslian sebuah perangkat ataupun smartphone dengan memanfaatkan nomor IMEI.

Dan dengan beberapa alasan di atas dan juga kegunaannya , menjadikan sangat penting untuk kita mengetahui nomor seri IMEI dari ponsel yang kita gunakan. Cara mengecek nomor IMEI memang begitu mudah dan ada beberapa cara yang bisa kmu gunakan, bahkan untuk cara saat pertama kali kmu membeli smartphone bisa kamu lakukan dengan mudah dan gampang sekali. Dan berikut adalah segenap dari 6 Cara Mudah Cek IMEI Ponsel Android Termudah:

Cara Cek Menggunakan Kode Dialing

Cara perdana atau pertama ini bisa kmu peruntungkan untuk semua smartphone dengan jenis apapun dan merek apapun. Cara ini sendiri memang tidak cukup banyak diketahui para pengguna ponsel, hal ini dikarenakan memang begitu mudahnya melakukan pengecekan nomor IMEI dengan cara manual ataupun melalui sisi body perangkat atau bisa juga menggunakan dusbook perangkat yang akan kita cek.

Namun dengan menggunakan cara pengecekan kode IMEI dengan seperti ini akan cukup sangat bermanfaat untuk kita gunakan dalam melakukan pencocokan nomor IMEI perangkat yang kita punya dengan kode IMEI yang sudah tertera pada sticker di dusbook ponsel ataupun perangkat kita tadi. Seperti pada contoh gambar di atas , kamu tinggal menekan kode *#06*# pada papan ketik smartphone kamu, dan kemudian tekan saja Call atau Panggil. Dan kamu tinggal menunggu beberapa detik saja, maka nomor seri IMEI dari perangkat kamu akan terlihat dengan jelas dan sudah bisa kamu cocokan dengan nomor seri yang ada pada dusbook.

Memakai Ponsel Android dan Google Dashboard

Dan jika kamu masih maalas atau tidak ingin menggunakan cara pertama, kamu bisa menggunakan cara kedua ini. Perangkat android memang sudah dibekali dengan cara tersendiri untuk  pengeceekan nomor IMEI yang ada pada setiap perangkat android. Meski pada kenyataanya kode dialing masih bisa untuk kamu gunakan , namun ada baiknya juga kamu untuk menggunakn cara nomor dua ini :

  1. Kamu buka saja menu Setting pada perangkat android yang kamu gunakan
  2. Dan berikutnya kamu pilih menu About Phone yang pada umumnya menu ini terletak pada sisi bagian paling bawah.
  3. Selanjutnya kamu tekan “Status”, dna kamu scroll ayar ke sisi bawah sampai kamu mendapati nomor IMEI perangkat kamu. Sekedr informasi tambahan untuk para pembaca jika biasanya perangkat GSM pada umumnya menggunakan nama IMEI, dan teruntuk ponsel dengan sistem jaringan CDMA biasanya menggunakan nama MEID.
  4. Kamu bisa mengcopy nomor IMEI yang ada pada perangkat kamu ke clipboard, dan ini bisa membuat kamu tidak perlu kerepotan untuk menulis ataupun mencatatnya secara manual.
  5. Kemudian , kamu masuk saja ke browser bisa dari ponsel atupun perangkat PC, dan kamu log in ke Google Dashboard menggunakan alamat email yang kamu gunakan di perangkat kamu tadi.
  6. Jika sudah berhasil masuk, kamu klik saja icon android.

Biasanya daftar perangkat yang sudah pernah kamu gunakan akan secara otomatis muncul pada layar kamu, dan kamu pastikan juga jika nomor IMEI kamu itu sama dengannomor IMEI di Dashboard dengan yang sudah kamu salin tadi.

Baca Juga : Cara Bedakan Smartphone Samsung Asli dan Palsu

Di Bagian Belakang Baterai

Cara yang berikutnya ini adalah cara manual yang sudah cukup mudah untuk kamu gunakan dalam melakukan pengecekan IMEI. Cara ini adalah cara yang mengeek yang snagat mudah dan cukup singkat jika kita lakukan, karena cara ini tidak memerlukan dusbook ataupun menggunakan kode dial untuk mengeceknya. Dan berikut ini adalah cara untuk mengecek nomor IMEI yang ada pada sisi belakang baterai smartphone ataupun perangkat yang kamu gunakan :

  1. Kamu matikan saja perangkat smartphone kamu terlebih dahulu sebelum kamu mencopot baterai ponsel kamu.
  2. Kamu buka saja casing belakang dari smartphone kamu dan berikutnya kamu lepas saja baterainya. Hal yang harus kamu ketahui jika cara ini hanya bisa kamu gunakan pada perangkat dengan sistem baterain Removable dan ini tidak bisa kamu gunakan pada smartphone atau gadget dengan jenis baterai Non-Removable.
  3. Dan berikutnya kamu keluarkan saja baterai smartphone kamu dari perangkat dan kamu sudah bisa menukan nomor IMEI di dalam bodi mesin perngakt kamu.
  4. Kamu catat nomor IMEI tersebut dan kamu bisa mencocokkan dengan nomor IMEI yang tertera pada dusbook.

Menggunakan Dusbook

Sudah barang tentu kita ketahui jika nomor IMEI biasanya sudah tertera denga jelas pad dusbook perngkat yang kita beli.  IME memang tidak tertera pada buku manual ataupun buku paduan penggunaan smartphone, namun ini sendiri ada pada sisi bagian luar dari kemasan dusbook. Kamu bisa memastikan jika pada dusbook perangkat yang kamu beli sudah tertera nomor IMEI dan kamu pastikan juga nomor tersebut adalah real dan sama dengan nomor IMEI yang kamu cek lewat sistem kode dialing.

Penting sekali untuk mencocokkan nomor IMEI dari sisi dusbook maupun dengan nomor yang kita dapatkan dari kode dialing. Jika nomor IMEI dari dusbook adalah benar, maka tentu akan sama dengan hasil kode dialing yang sudah kamu lakukan. Dan utnuk lebih meyakinkan jika IMEI perangkat kamu sudah benar dan tepat, kamu juga bisa mengeceknya dengan sistem ataupun secara online. Caranya sanga udah sekali, kamu hanya perlu masuk ke dalam situs www.imei.info pada brwser di ponsel kamu, dan kamu ketikan saja nomor IMEI dari dusbook kamu, jika nomor tersebut benar akan terlihat nformasi dan segala rincian dari perangkat yang kamu gunakan.

Baca Juga : Cara Merekam Video Call Di Android Termudah Tanpa Root

Website AT & T

Dan untuk kamu yang menggunakan perangkat buatan dari operator AT & T yang dimana operator ini sendiri berasal dari Negara Amerika Serikat. Dan tentunya cara yang berikut ini akan lebih mudah untuk kamu lakukan untuk cek IMEI ponsel kamu, dan ini adalah cara – caranya :

  1. Kamu lakukan saja Log in pada akun AT & T yang kamu masukan di situs resminya.
  2. Beriktunya kamu masuk saja pada menu My Profile yang ada pada sisi toolbar di sebelah kiri.
  3. Kamu klik saja Update My Profile.
  4. Selanjutnya kamu pilih menu yang bertuliskan User Information.
  5. Scroll layar kamu ke sisi bawah, dan klik saja menu Customer Service Summary & Contract.
  6. Kamu juga selanjutnya haru mengklik Wireless Customer Agreement dan file PDF yang akan terunduh secara otomatis.
  7. Dan selanjutnya kamu buka PDF tersebut utnu melihat dan mengamati perjanjian kontrak kamu ketika pertama kali membeli perangkat tersebut. Dan selanjutnya pada sisi bawah kamu akan mendapati nomor IMEI perangkat kamu tersebut.

Memakai Ponsel Motorola IDEN

Seri pada Motorola IDEN memang bukan dan tidak sama dengan android, namun tidak ada salahnya jika kamu mengetahuinya jika secara kebetulan kamu memunyainya. Jika kamu ingin mengecek nomor IMEI dari perangkat Motorola seri IDEN, kamu bisa menggunakan beberapa langkah sebagai berikut ini :

  1. Nyalakan ponsel kamu , dan kamu tekan saja tanda #, *, Menu dan tombol kanan, saya sarankan anda untuk menekan tombol – tombol tersebut denga cepat. Dan jika terjadi jeda saat menekan tombol tersebut, kamu akan diminta untuk mengulanginya kembali.
  2. Dan jika ponsel kamu sudah kamu isi dengan SIM card, kamu scroll layar hingga sisi bawah sampai kamu temukan tulisan IMEI / SIM ID, dan kamu tekan Enter. Dan dari sinilah kamu sudah bisa dengan mudah melihat nomor IMEI perangkat dan juga status SIM yang kamu pergunakan. Sejatinya akan ada 14 angka yang merujuk pada nomor IMEI kamu, dan angka ke 15 akan selalu menggunakan angka 0.
  3. Pada pearangkat ponsel dengan versi lawas dan juga tidak menggunakan SIM card, tekan tombol kanan dengan waktu yang cukup lama hingga IMEI akan tertampil pada layar perangkat kamu. Dan 7 angka  adalah jumlah angka pertama dari IMEI kamu, dan kamu catat dengan cepat nomor IMEI tersebut.
  4. Kamu tekan tombol Menu dan kemudian Next untuk menampilkan 7 Digit nomor IMEI selanjutnya. Dan lagi – lagi digit nomor 15 adalah angka 0.

Dan sudah saya ulas dan bahas jika sebelumnya bahwa nomor IMEI memang snagat penting dan harus kita ketahui dan perlu kita catat jika kita butuhkan. IMEI sendiri bisa kita pergunakan untuk mengetahui keaslian sebuah smartphone,  pasalnya untuk saat ini memang banyak sekali smartphone bajakan ataupun super copy seperti halnya Supercopy Samsung ataupu Samsung Replika.

Dari semua cara yang saya sampaikan , saya tertuju dengann satu cara yang sangat saya rekomendasikan sekali. Dan cara tersebut adalh dengan sistem dialing yang tentun akan lebih mudah dan lebih real dalam memberikan informasi IMEI perangkat yang akmau gunakan. Dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel Proofesorponsel yang lainya juga.

6 Cara Mudah Cek IMEI Ponsel Android Terbaru | masnyus | 4.5