4 Cara Termudah Backup Data Android Paling Aman

Sunday, June 4th, 2017 - Android
4 Cara Termudah Backup Data AndroidProfesorponsel.com – Backup sendiri merupakan sebuah langkah dan tindakan yang sangat penting untuk para pengguna smartphone android. Dengan mengbackup data yang ada pada perangkat smartphone kita tentu akan meminimalisir hal yang mungkin tidak akan kita duga ketika perangkat yang kita gunakan mengalami kerusakan yang tiada kita sangka-sangka. Hal tersebut tentu bisa memberika dampak positif ketika kita sedang mengalami kerusakan data pada ponsel yang kita gunakan, bisa saja file penting yang kita simpan akan hilang hangus tidak mampu kita lacak kembali.
4 Cara Termudah Backup Data Android Paling Aman

Jika kamu bisa mengbackup dengan baik semua data , file, foto, dan juga video dari ponsel kamu, maka dampak negatif tersebut tentu tidak akan menjadi momok yang menakutkan bagi kamu. Cara backup data untuk perangkat android juga memang tersedia dengan beragam cara dan variasi yang berbeda-beda, dan kamu pilih saja salah satu cara yang mungkin mudah dan cocok untuk kamu lakukan dalam membackup semua data penting dari android kamu.
Ada sedikit hal yang harus kamu ketahui dan juga kamu perhatikan, setiap produsen ponsel android yang kamu gunakan tentu sudah dibekali dengan aplikasi backup khusus untuk perangkat yang kamu gunakan dan misalnya saja, Oppo F3 Plus yang juga sudah dibekali oleh Oppo dengan aplikasi backup bawaanya. Jika Samsung mempunya sebua program Kies, pesaingnya Lenovo punya SYNCit yang bisa kita gunakan untuk mengbackup data penting dari perangkat yang kita gunakan. Berbagai aplikasi bawaan tersebut sejatinya sudah dibuat sedemikian rupa guna menjaga kemungkinan untuk para penggunanya melakukan backup data dengan mudah, dan saya sarankan kalian bisa menggunakan aplikasi bawaan dari ponsel yang kamu gunakan terlebih dahulu.
Namun jika kamu merasakan kurang terpuaskan dengan kinerja dan layanan aplikasi bawaan dari ponsel kamu, nah beberapa aplikasi yang akan saya rekomendasikan untuk kamu bisa kamu gunakan sebagai aplikasi pengbackup data dan file kamu. Mari kita simak aplikasi apa saja yang akan Profesorponsel rekomendasikan untuk kamu semua yang membutuhkan jalan keluar untuk backup data dan juga file dari perangkat android yang kamu gunakan. Oh iya, sekedar menginatkan bahwa sebelumnya juga saya sudah pernah menyampaikan ulasan Cara Backup Data iPhone dengan mudah yang sudah saya tuiskan pad artikel sebelumnya.
Google Backup
Aplikasi dengan nama Google Backup ini sejatinya meruapakan aplikasi yang ada untuk semua perangkat android. Aplikasi ini bisa mengerjakan tugas backup dengan baik, password Wi-Fi , Pegaturan Aplikasi, serta data aplikasi mampu di simpan dengan baik oleh aplikasi ini. Cara menggunakanya sangat mudah dan simple, kamu tinggal membuka menu settings dan kemudia kamu pilih opsi “Backup & Reset”. Dan secara otomatis, data yang sudah kamu backup akan tersimpan pada akun Google yang kamu gunakan.
Helium – App Sync and Backup

4 Cara Termudah Backup Data Android Paling Aman



Jika kamu sedang ingin mengbackup semua data yang ada pada smartphone kamu, kamu bisa menggunakan aplikasi Helium. Aplikasi ini sendiri bisa kamu pergunakan meski ponsel yang kamu gunakan belum di root.  Namun tentunya kamu juga bisa menginstall aplikasi ini di keuda perangkat sekaligus, antara PC atau Laptop dan juga perangkat android yang kamu gunakan, dan ini adalah tips tetang bagiamana cara menggunakan aplikasi Helium :
  1. Kamu unduh saja aplikasi Helium untuk perangkat android yang kamu gunakan, dan jangan lupa juga untuk mengunduhnya ke perangakt PC dan kamu install aplikasi ini di kedua perangkat yang kamu gunakan.
  2. Kamu juga harus mengaktifkan USB Debugging dan kemudian kamu harus menghubungkan android kepada PC atau Laptop menggunakan sambungan kabel USB.
  3. Kamu pun harus merubah tipe koneksi USB ke PTP (camera mode).
  4. Dan kamu terima saja jika ada permohonan untuk kode RSA.
  5. Dan berikutnya akan terlihat tanda ceklis dengan warna hijau pada perangkat PC dan juga android yang kamu gunakan, dan ini menandakan bahwa aplikasi  Helium sudah tersambung dan juga sudah bisa kamu jalankan.
  6. Selanjutnya kamu lepaskan sambungan PC dan juga perangkat android kamu tadi.
  7. Dan kemudian kamu buka saja aplikasi Helium menggunakan android kamu.
  8. Dan kamu tinggal pilih saja , aplikasi mana saja yang ingin kamu backup.
  9. Disini kamu juga bisa membackup aplikasi beserta seluruh datanya, dan bisa juga hanya data dari aplikasi itu saja.
  10. Klik icon tombol backup, dan kamu tentukan lokasi dimana kamu akan menyimpan file yang sudah kamu backup, bisa kmau simpan di storage ataupun eskternal memori.
  11. Kamu tunggu saja beberapa waktu hingga proses backup memang benar-benar sudah selesai.

Download di Play Store

Jika kamu sudah menggunakan aplikasi Helim dengan versi Pro, maka kamu juga sudah bisa untuk menyimpan file backup di ruang penyimpanan awan (cloud). Versi ini sendiri akan lebih memungkinkan bagi anda untuk mengatur jadwal backup secara otomatis. Dan untuk restore, kamu sudah bisa melakukannya dengan mudah hanya dengan menggunakan aplikasi androidya ataupun bisa menggunakan perangkat PC yang kamu pasangi aplikasi Helium.

Baca juga ;

Cara Menonaktifkan Pemberitahuan Live Di Instagram Untuk Android dan iPhone

Easy Backup & Restore

4 Cara Termudah Backup Data Android Paling Aman



Aplikasi kedua ini adalah aplikasi gratisan yang bisa kamu gunakan untuk membackup ontak, riwayat pangilan anda, SMS, kalender, dan turut serta bookmark. Namun sedikit yang kita sayangkan aplikasi ini tidak bisa membackup file seperti, video, foto, musik ,serta dokumen. Aplikasi ini juga memiliki keunggulan tersendiri, dia sangat mudah untuk dijalankan pada perangkat yang belum di root. Dan ini adalah tips untuk menggunakan aplikasi Easy Backup & Restore :
  1. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store dengan mudah.
  2. Kemudian kamu buka saja aplikasi ini dan kamu tekan saja  “YES” jika kamu menemukan permintaan untuk membackup data yang kamu miliki.
  3. Ada beberapa item yang bisa kamu temukan yang bisa kamu backup dengan aplikasi ini, dan item tersebut adalah item yang sudah saya sebutkan di awal ulasan aplikasi ini , yaitu riwayat panggilan, SMS, MMS, Kalender, Bookmark, dan juga kontak. Kmau pilih saja salaha satu pilihan dari item tersebut yang akan kamu backup dengan aplikasi ini, dan kamu klik “OK”.
  4. Kemudian kamu pilih ruang penyimpanan mana yang akan kamu gunakan untuk menyimpan file yang kamu bakcup tadi, kamu bisa menyimpannya di eksternal memori ataupun storage dari perangkat yang kamu gunakan, dan bisa juga penyimpanan awan (cloud).
  5. Dan kamu tuliskan sebuah nama yang tepat untuk hasil backup yang kamu lakukan tadi, ingat berikat nama yang mudah untuk kamu ingat biar suatu saat kamu tidak melupakan itu adalah data yang penting bagi kamu.
  6. Klik Backup untuk memulai prose backup data yang kamu inginkan, tunggu hingga prosesnya selesai.
  7. Dan jika proses tersebut sudah selesai, kamu akan menemukan rangkuman dari item apa saja yang berhasil kamu backup.

Download di Play Store

Dan jika kamu menggunakan perangkat android yang sudah di root, maka kamu juga bisa membackup aplikasi dan juga data dari aplikasi tersbeut. Dan jika perangkat yang kamu gunakan belum di root, maka kamu masih bisa mengbackup aplikasi menjadi bentuk file berupa APK dengan catatan data yang ada di dalam aplikasi tersebut tiddak bisa turut serta kamu backup.
Untuk mengembalikan data atau restore seluru data yang sudah kamu backup tadi, kamu hanya cukup membuka tab “Restore” saja. Di menu itu kamu bisa menemukan item mana saja yang akan kamu restore dan kamu kembalikan pada perankat android yang kamu gunakan.
Titanium Backup

4 Cara Termudah Backup Data Android Paling Aman



Dan untuk anda yang sudah menggunakan perangkat android yang sudah pernah di root, maka saya merekomendasikan tidak akan ada aplikasi yang lebih unggu tinimbang Titanium Backup ini. Aplikasi ini adalah aplikasi erbaik untuk mengbackup semua data dan juga file yang ada pada perangkat android yang sudah di root, bahkan aplikasi ini mampu membackup semua data yang ada pada perangkat android.
Namun hal yang menarik dari aplikasi ini adlah, kita bisa dengan mudah membuat jadwal backup dengan menggunakan aplikasi jempolan yang satu ini. Dengan kata lain , aplikasi ini bisa kamu perintahkan untuk membackup data perangkat android yang kamu gunakan secara otomatis sesuai waktu dan ketentuan yang sudah kamu terapkan. Fitur ini tentu akan sangat berguna bagi kita yang mungkin merasa sedikit malas untu membackup semua file dari peranhkat android yang kita gunakan.
Meski perangkat android kita sedang menjalankan proses backup, kita akan masih diberi kemudahan untuk menjaalankan atau menggunakan perangkat android kita tersebut. Bahkan kita masih bisa menggunakannya untuk membuka aplikasi, bermain game. Dan untuk cara penggunaanya sendiri sudah Profesorponsel rangkum dalam tips seperti dibawah ini :
  1. Unduh dan install aplikasi Titanium Backup pada perangkat PC dan android yang akan kamu backup semua datanya.
  2. Kamu aktifkan USB Debugging pada perankat android yang kamu gunakan.
  3. Dan kamu buka apliksinya dan kamu berikan izin aplikasi tersbeut untuk mengakses sistem root perangkat kamu.
  4. Kamu buka tab Backup and Restore. Dan pada menu tersebut kamu akan menemukan beberapa daftar aplikasi yang juga turut serta beberapa icon dari aplikasi tersebut. Jika kamun menemukan icon segitiga yang mengartikan aplikasi tersbut belum kamu backup dan ison smiley menandakan bahwa aplikasi tersebut sudah kamu backup.
  5. Dan kamu pilih saja opsi backup yang kamu mau, semisalnya backup aplikasi, aplikasi berserta datanya, aplikasi sitem, dan sebagainya.
  6. Setelah memilih, kamu klik icon backup untuk memulai proses backup yang akan kamu lakukan. Dan kamu tunggu hingga proses ini benar-benar sudah selesai.
  7. Dan jika sudah selesai, kamu jangan lupa untuk memberikan nama dan juga tanggal kamu membackup data maupun file tersebut.

Download di Play Store

Kamu juga bisa menyimpan file backup tersebut dalam bentuk update.zip yang akan memungkinkan kamu untuk melakukan restore melalui recovery. Dan jika kamu membackupnya dengan cara yang biasa saja, kamu sudah bisa melakukan restore secara langsung menggunakan aplikasi ini.
Dn itu adalah segenap cara untuk membackup data dari perangkat android yang kamu gunakan. Dan semoga ini bermanfaat bagi kalian semua, selamat mencoba !!
4 Cara Termudah Backup Data Android Paling Aman | masnyus | 4.5