Rabu, 28 Juni 2017

Cara Menggunakan Fitur Android Device Manager Pada Smartphone

Cara Menggunakan Fitur Android Device Manager- Profesorponsel.com – Apakah kalian pernah mendengar istilah ADM atau Android Device Manager ? . Jika kalian tau apa itu ADM tentu kamu akan menggunakannya dikarenakan fitur ini sangat bermanfaat dan sangat berguna sekali bagi para pengguna ponsel pintar. ADM sendiri sejatinya merupakan fitur bawaan dari perangkat ponsel android, fitur ini sendiri sudah disediakan dari awal mula pembuatan smartphone android yang beredar di pasaran. Namun sangat disayangkan sekali jika masih banyak masyarakat yang tidak terlalu tau fungsi penting dari fitur bawaan ponsel android ini yang sejatinya sangat berguna sekali.

Cara Menggunakan Fitur Android Device Manager Pada Smartphone


Sebelum kita merujuk pada pengertian yang lebih lengkap dari Android Device Manager, maka ada baiknya jika kita lebih dulu untuk mengulas apa kegunaan fitur ADM yang paling penting. Fitur yang paling menonjol dan paling penting dari ADM itu sendiri adalah sebagai pelacak ponsel android kita yang hilang. Dan sebelumnya juga saya sudah pernah menuliskan aplikasi pencari ponsel android yang bisa kamu gunakan untuk melacak ponsel android yang hilang tercuri. Fitur bawaan dari android ini sendiri mampu memberikan nada dering smartphone android dari jarak kejauhan  serta bisa kita gunakan untuk mengunci ponsel android kita yang hilang tadi dengan jarak yang jauh juga, bahakan kita juga bisa menghapus beberapa file penting dari ponsel kita yang hilang tadi dari jarak jauh juga.

Nah dari ulasan yang sudah saya berikan di atas ataupun penjelasan yang sudah saya berikan diatas, tentu kamu sudah tertarik bukan untuk menggunakan fitur ADM pada perangkat android yang kamu punya ?

Penjelasan Andorid Device Manager

Android Device Manager atau yang biasa disingkat dengan sebutan ADM adalah sebuah sistem penting yang sengaja dibuat oleh Google untuk memberikan keamanan bagi para pengguna android. Fitur bawaan dari Google ini sendiri bisa kamu pergunakan untuk melacak keberadaan ponsel kamu yang lenyap dengan menggunakan dan mengoptimalkan kemampuan fitur ADM. Bahkan fungsi berkelas lain dari fitur ini adalah bisa melindungi ponsel android kamu ketika mengalami factory reset secara paksa, kamu juga bisa menggunakan ADM untuk menghapus file penting kamu dari jarak jauh, dan bisa kamu gunakan juga untuk mengunci ponsel yang kamu punya agar tidak bisa digunakan lagi ketika kamu kehilangan ponsel kamu tersebut.

Cara Mengaktifkan Fitur Android Device Manager

Sejatinya pada awal pembelian smartphone android baru fitur ADM sendiri sudah aktif secara otomatis, namun untuk pilihan penting lainya seperti mengunci ataupun menghapus data penting dari jarak jauh kamu terlebih dahulu harus mengaktifkannya secara manual. Cara mengaktifkanya memang snagat mudah, dan caranya adalah sebagai berikut ini :
  1. Kamu masuk saja ke menu Google Settings.
  2. Dan selanjutnya kamu pilih saja  Security.
  3. Dan kamu juga harus mengaktifkan Remotely locate the device serta Allow remote lock and erase.
  4. Dan dengan menjalankan langkah – langkah tersbeut berarti kamu sudah mengaktifkan fitur ADM yang ada di ponsel kamu dan telah memberikan izin pada Google untuk melacak, mengunci, serta menghapus data kamu dari jarak kejauhan.

Amankan Dengan Sistem Penguncian Layar

Hal terpenting lainya lagi yang akan berguna dalam mengamankan smartphone android kamu lainya adalah dengan mengaktifkan penguncian layar entah dengan pola ataupun dengan sandi. Kamu bisa menggunakan pola, sandi ataupun password untuk penguncian layar smartphone yang kamu punya dan untuk saat ni saja memang ada fitur penguncian dengan menggunakan sidik jari atau fingerprint scanner. Hal ini akan memberikan kesulitan bagi orang lain yang berniat membuka dan mengakses ponsel kamu dan ini akan menjadi lebih aman pada ponsel kamu tentunya.

Pastikan Fitur GPS serta Izin Lokasi Sudah Aktif

Memang kebanyakan orang sudah termakan dengan anggapan mematikan fitur GPS pada ponsel dapat lebih menghemat daya ataupun biar baterai ponsel tidak boros. Namun taukah kamu jika anggapan seperti itu sebenarnya sudah salah, GPS , singkronasi , serta data akses internet merupakan hal yang sangat penting dan hasus selalu aktif setiap waktu. Dan secara wajar saja untuk apa kita membeli ponsel pintar jika saja fitur- fitur pentingnya kita tidak manfaatkan ? Percuma saja kita punya smartphone canggih jika fungsi fitur canggihnya kita batasi.  Jadi alangkah pentingnya untuk selalu mengaktifkan fitur GPS pada smartphone kita sebagai fitur yang berguna yang bisa kita aktifkan dari Quick Settings ataupun dari Menu Pengaturan smartphone kita.

Baca juga :

4 Cara Termudah Backup Data Android Paling Aman


Syarat Lain Agar Fitur Android Device Manager  Menjadi Lebih Maksimal

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika kamu ingin lebih memaksimalkan kemampuan fitur ADM pada smartphone yang kamu punya. Dan beberapa hal ataupun langkah yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut :
  1. Ponsel harus dalam keadaan aktif dan jga harus terhubung dengan akun Google tentunya.
  2. Smartphone kamu harus selalu memiliki sambungan akses internet.
  3. GPS ponsel harus selalu aktif dan beri izin lokasi pada Google untuk mengakses keberadaan smartphone kamu.
  4. Memberikan izin pada ADM untuk bisa mencari perangkat saat aktif.
  5. Dan juga memberikan izin pada ADM untuk bisa mengunci serta menghapus data seperti yang sudah saya terangkan sebelumnya tadi pada postingan artikel ini.

Cara Melacak Ponsel Android Yang Hilang Dengan ADM

Cara Menggunakan Fitur Android Device Manager Pada Smartphone


Seperti yang sudah saya singgungkan jika fitur ADM atau Android Device Manager sendiri memilii fungsi yang sangat berguna untuk melacak keberadaan ponsel kita yang hilang tercuri ataupun lalai menempatkannya. DDan jika kamu sudah menjalakan beberapa langkah yang sudah saya sampaikan tadi, maka kamu sudah bisa menggunakan fitur ADM untuk melcakan keberadaan ponsel kamu yang hilang dengan mudah. Dan untuk lebih jelasnya kamu simak saja ulasanya sebagai berikut :

Fitur – Fitur Dari Android Device Manager :

Melacak ponsel Android

Fitur unggulan dan kegunaan ADM sendiri bisa kamu gunakan untuk melacak smartphone kamu yang hilang atau lenyap dari genggaman tanga kamu dengan beberapa sebab.

Ring Ponsel

Fitur ini sendiri bisa kamu gunakan untuk membunyikan ponsel kamu yang hilang  dan dengan fitur ini maka ponsel kamu akan secara otomatis menimbulkan suara dering dengan nada keras atau volume maksimal meski sejatinya ponsel kamu dalam kondisi silent.

Lock Ponsel

Ini merupakan fitur pengunci ponsel dari jarak jauh yang bisa kita gunakan ketika kita kehilangan ponsel dan membuat sang pemegang ponsel tidak dapat membuka atau mengakses ponsel kita yang hilang tadi.

Erase Data

Erase Data adalah fitur yang bisa digunakan untuk menghapus semua data penting ponsel kita  dan ini merupakan jalan atau cara terakhir yang bisa kita lakukan jika ponsel kita hilang dan ini tentunya bisa melindungi segala file privasi kita. 

Nah itu adalah tips dari saya yang bisa kalian gunakan untuk mencari ponsel kita yang hilang dengan memanfaatkan fitur ADM atau Android Device Manager pada smartphone kita. Cara Menggunakan Fitur Android Device Manager memang sangat mudah dan tidak ada salahnya untuk kita aktifkan untuk menghindari kemungkinan buruk yang bisa menimpa kita kapan saja.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menggunakan Fitur Android Device Manager Pada Smartphone