Senin, 12 Juni 2017

Cara dan Tips Termudah Untuk Bedakan Smartphone Samsung Asli dan Palsu

Cara dan Tips Termudah Untuk Bedakan Smartphone Samsung AsliProfesorponsel.com – Menjadi salah satu merk perangkat seluller terbesar di dunia memang menjadikan Samsung banyak di bidik para pembajak smartphone yang meniru rakitan ponsel buatan mereka. Sebagai salah satu merk elektronik ternama , tentu kualitas serta kemampuan dan daya uji adalah sebuah point tertinggi yang mereka berikan bagi smeua pelanggan mereka. Mereka mampu mencai titik tertinggi dalam sepak terjang di dunia digital memang tidak lepas dari konsitensi mereka dalam melakukan beragam inovasi dan juga trobosan yang coba mereka hadirkan dan selalu mereka kembangkan untuk memberikan kepuasan bagi semua pengguna perangkat dari Samsung.

Cara dan Tips Termudah Untuk Bedakan Smartphone Samsung Asli dan Palsu


Nama besar yang berhasil dikukuhkan Samsung tidak lepas dari laris manisnya semua perangkat yang mereka luncurkan , fanatisme dan kecintaan masyarakat kepada seluruh produk buatan Samsung memang bisa tercermin dari larisnya setiap seri smartphone yang mereka rilis.  Tidak hanya menjual ponsel dengan teknologi tinggi dengan harga selangit, merk ternama yang satu ini juga masih memberikan konsitensi mereka dengan suguhan ponsel yang mereka buat dengan fitur yang apa adanya. Degan laku dan laris manisnya semua perangkat smartphone yang dijual Samsung, membuat sbagian pihak menjadikan ini sebagai ladang bisnis baru. Para produsen usil ini mencoba untukk membat beragam tirua smartphone yang di jual Samsung, adapun masyarakat banyak menyebutnya dengan nama Samsung Supercopy ataupun Replika. 

Jika saja para penjual maupun produsen dengan jujur mengakui bahwa barang yang mereka jual adalah barang asli bukan replika atau supercopy, tentu ini tidak akan menjadi persoalan bagi kita semua. Namun yang cukup menjengkelkan adalah dimana mereka tega menipu atupun mengelabuhi para pembeli dengan mengatas namakan barang replika atau supercopy sebagai barang asli ataupun real. Dan tentu ini patun menjadi sebuah kewasapadaan bagi sobat semua untuk lebih jeli dan teliti dalam membedakan barang asli ataupun barang tiruan dari oknum nakal tersebut.

Lalu untuk membedakanya bagaimana ? Tenang, kamu sejatinya bisa dengan mudah untuk membedakan mana yag Samsung replika dan manakah yang merupakan Samsung asli. Sesungguhnya cara yang bisa kamu lakukan tebagi menjadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan terlebih dahulu sebelum kamu menggunakan cara tes jeroan, mugnkin ada baiknya jika kamu mendahulukan tes secara fisik terlebih dahulu pada perangkat Samsung yang ingin kamu tes keasliannya. Dan beberapa ciri-ciri dan juga berdasarkan data serta pengalaman, informasi yang akan saya berikan ini merupakan sebuah rangkuman dari beberapa ciri – ciri dan juga pengalaman di lapangan.

Cara Termudah Untuk Bedakan Smartphone Samsung Asli dan Palsu

Dan langsung saja saya bagikan baeberapa  cara termudah yang bisa kmau lakukan untuk mengecek keaslian perangkat Samsung yang kamu curigai, dan lansung saja kita simak :

1.Coba Kamu Gosok Logo Samsung

Jika kamu merasa ragu dengan keaslian perangkat Samsung yang ada ditangan kamu, kamu bisa melakukan pengecekan pada bagian sisi luar terdahulu sebelum kami melakukan pengecekan lebih dalam dengan mengecekjeroan dari perangkat Samsung yang akan kamu cek. Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan lebih seksama untuk memperhatikan logo Samsung yang tersemat pada tiap bodi ponsel, dan yang lebih harus kamu perhatikan adalah bagian belakang tepat dibawah lubang audio. Apabila kamu tidak mendapati nama merk Smsung pada bagian itu, sudah bisa kamu pastikan jika itu adalah barang fake ataupun palsu. Namun jika kamu melihat adanya logo merk Samsung pada bagian itu, kamu coba saja untuk mengisokan kuku jari tangan kamu ke tulisan logo Samsung yang ada pada bagian itu. Jika setelah kamu gosok secara tersu menerus dan hasilnya logo tersebut menjadi terkelupas, maka sudah bisa saya pastikan itu adalah barang supercopy ataupun replika.

2.Kamu Perhatikan Dengan Kualitas Casingnya

Barang tiruan ataupun palsu, tentunya material yang digunakan adalah material murahan. Hal tersebut tentu bisa kamu jadikan sebuah acuan jika kamu ingin membeli perangkat Samsung terbaru, misalnya Samsung A5 2017. Jika dia adalah barang asli, tentu Samsung akan membuat perangkat mereka dengan material bahan yang sangat berkualitas dan premium pada setiap jengkal bodi perangkat mereka. Hal tersebut adalah kebijakan yang sudah mereka berlakukan sejak lama, meski material yang digunakan masih menggunakan unsur plastik atupun metal (material premium). Ini bisa kita rasakan meski hanya sepintas saja melihat perangkat Samsung asli atau KW sekelebatan di depan mata kita. Salah satau titik yang cukup menclok adalah dimana corak warna pada seri perangkat abal – abal tersebut sering kali tidak cocok dengan corak warna pada perangkat yang asli.  Saya akan berikan sedikit contoh saja, untuk warna pada sisi body ataupun casing tentu mempunyai warna putih pucat, dan yang lucunya adalah warna sisi tombol home maupun tombol lainya sering tidak selaras dengan warna casig (untuk ponsel baru). Tentu itu hanya untuk perangkat baru yang baru saja di buka dari kardus, jika perangkat sudah lama tentu warnannya akan sediikit memudar. Dan kamu harus pahami jika Samsung asli tentu mempunyai warna yang sama dan selaras dari tiap bagian yang ada pada body perangkat tersebut.

3.Perhatikan Dengan Baik Ukuran Tulisan Logo  dan Jenisnya

Coba saja kamu dengan detail untuk lebih memperhatikan logo maupun tulisan Samsung, baik pada sisi depan maupun belakang. Jika tulisan yang kamu perhatikan cenderung mempunyai sedikit keanehan, bisa kamu pastikan jika itu adaah barang tiruan. Ini biasnaya bisa terlihat dari tulisan Samsung yang terlihat mencurigakan dari bentuk huruf yang tidak simetris, tulisan yang cenderung ketebalan, atau bisa juga kekecilan ataupun cenderung kebesaran. Hal tersebut tentu berbenturan dengan barang asli Samsung yang tentu menuliskan logo  mereka dengan huruf yang sangat mantap, bentuk yang simetris, penulisan yang pas tidak ketipisan ataupun ketebalan, dan juga huruf yang mereka tuliskan ukurannya sangat proposional yang sudah mereka sesuaikan dengan ukuran dan bentuk body perangkat tersebut. 

4.Cek Isi Dalam Box

Jika kamu baru saja secara pertama kali membeli perangkat Samsung, kamu bisa memperhatikan beberapa item  yang turut dalam paket penjualannya. Samsung asli atupun yang tiruan tentunya sama – sama sudah dibekali dengan beberapa kelengkapan seperti, buku paduan, kartu garansi, charger, baterai dan juga headset.  Dan dari beberapa item tersebut kamu bisa menaruhkan rasa curiga yang kamu punya,  untuk yang versi asli biasanya dilengkapi dengan sticker hologram SEIN ( Samsung Eletronik Indonesia ).  Sticker SEIN sendiri biasanya merekat pada charger, sisi bagian dalam mesin ponsel, dan tentunya merekat juga pada bagian buku garansi. Jika kamu tidak menemukan sticker SEIN , maka sudah bisa kamu pastikan jika itu adalah barang Samsung replika.

5.Perhatikan Dengan Jarak Tombol Home dan Layar

Cara dan Tips Termudah Untuk Bedakan Smartphone Samsung Asli dan Palsu


Cara nomor lima ini bisa kamu gunakan dan tentunya ini masih dalam koridor pengecekan secara fisik saja. Kamu lihat dan perhatikan tombol home dengan baik, jika barang tersebut asli tentunya jarak tombol home dengan layar sangat tipis begitupun sebaliknya jika itu barang tiruan maka jarak tombol home akan sangat terlihat cukup renggang. Bahkan yang lebih mencoloknya lagi adalah, tombol home tersebut tidak terletak tepat di tengah – tengah jarak anatara tombol home dan dagu layar.  Dan sisi yang cukup mencolok lainya adalah diamana bezel yang dengan corak warna silver yang ada pada tiap sisi tombol cenderung memiliki ukuran yang over tebal dan kebesaran.

6.Perhatikan  Bentuk Charger

Cara dan Tips Termudah Untuk Bedakan Smartphone Samsung Asli dan Palsu


Hal yang sangat berbeda tidak hanya bisa kamu perhatikan dari sisi body smartphone saja, namun kamu juga bisa mengetahuinya dari sisi bentuk charger yang cenderung kaku. Kamu bisa memperhatikan sisi bentuk dari colokan charger tersebut, untuk yang asli tentu bentuk pada pangkal charger mempunyai ukuran yang cenderung lebih besar dan terlihat jelas jika ada lekukan yang kemudian bentuk lekukan tersebut menjadi mengecil hingga sampai sisi ujung. Jika hal tersebut adaah bentuk asli dari charger asli, maka ini adalah bentuk dari si peniru dengan colokan yang telihat sangat lurus tanpa memiliki unsur lekukan sedikitpun. Dan kamu bisa simak pada erbandingan gambar yang sudah saya sedikan di atas.

7.Bentuk Baterai

Cara dan Tips Termudah Untuk Bedakan Smartphone Samsung Asli dan Palsu


Baterai pada seri Smartphone Samsung original tentu mempunyai beberapa ciri dengan identitas yang mengindikasikan sebagai ponsel ori.  Ini bisa kita lihat dengan adanya sticker hologram dengan tulisan SEIN, dan pada seri replika tentu tidak dilengkapi dengan hal yang serupa. Jika memang sang replika pun mempunyai sticker yang sama dengan baterai dari Samsung ori, tentunya bentuk hologram tentu akan berbeda jauh. Kamu juga memerlukan untuk mengamati pada bagian barcode ataupun QR Qode diamana yang versi asli mempunyai ukuran sticker QR Qode yang lebih besar dibanding versi supercopy maupun replika. Dan salah satu trick lain untuk mengetahui keaslian jenis baterai adalah dengan cara mengelupaskan sticker yang bertuliskan merek maupun informasi lain yang bersangkutan dengan baterai, jika mudah berarti itun adalah replika dan sebaliknya jika susah untuk di buka , berarti itu adalah baterai original.

8.Kamu Amati Tulisan SEIN Pada Hologram Sticker

Cara dan Tips Termudah Untuk Bedakan Smartphone Samsung Asli dan Palsu


Ternyata versi replika semakin lihai dalam membajak semua produk buatan Samsung, terlebih hal ini menuntut kamu agar lebih jeli lagi dalam membedakan versi palsu maupun aslinya. Ada beberapa sumber yang berhasil kami terima dimana sumber tersebut mengatakan jika tulisan ataupun logo SEIN pada seri versi original berada tepat pada tiga garis yang ada pada sticker hologram tersebut.  Ini jelas sangat berbeda dengan versi replika dimana mereka hanya bisa menempatakan tulisan SEIN di lima garis bawah, untuk lebih detailnya kamu bisa tenggok pada gambar yang sudah saya sertakan di atas.

9. Amati Juga Gambar Notification Pada Layar

Pada bagian layar Samsung yang asli biasanya akan memeiliki gambar sinyal, baterai, jam, maupun notification lainya. Biasanya yang versi asli akan mempunyai hanya satu warna saja , yaitu dengan warna putih saja. Dan tentu ini bertolak belakang dengan si tiruan yang mempunyai warna notification dengan janis warna yang bermacam – macam, bisa saaja kuning, hijau, ataupun biru.

10. Logo Samsung Yang Tidak Nampak

Terlebih biasanya saat kamu sedang menyalakan ataupun menghidupkan ponsel Samsung, maka secara otomatis pada peratama kali akan terlihat sebuah tampilan layar pembuka dengan gambar logo Samsung. Ini jua sangat berbeda dengan versi replika, mereka tidak bisa menyuguhkan gambar logo Samsung saat penghidupan layar ponsel ketika dalam keadaan mati.Bahkan yang lebih miris lagi terkadang tidak nampak gambar apapun saat mode seperti ini.

11. Perhatikan Juga Tampilan Gambar

Kamu tentu bisa membedakan tampilan gambar ponsel replika dengan versi ponsel asli dari Samsung. Ini terasa ketika kita melihat tampilan gambar yang dimana terlihat lebih buram dan juga warna yang ditampilkan cenderung terlihat sangat pucat. Jika versi asli tentu kalian sudah tau , tampilan gambar akan lebih terang dengan saturasi warna yang lebih hidup tentunya.

12. Layar Setuh

Saya sendiri menerima beberapa kasus yang menyatakan ketidak puasan pada layar sentuh dari versi replika, touchscreen versi tiruan cenderung memiliki tekstur layar yang lebih lembek dan jika kamu sentuh akan berasa menekan layar perangkat tersebut dan cenderung berasa seperti menekan material plastik saja. Lagi – lagi kita tentu bisa membedakan kualitas mereka dengan versi aslinya yang jauh mempunyai tekstur pada sisi layar sentuh yang tentu lebih keras dan juga kuat dikarenakan menggunakan material glass yang sudah premium tentunya.

Baca juga :

Alamat Service Center Resmi HP Samsung di Indonesia


13. Kualitas Gambar Pada Kamera Yang Berbeda

Kamu juga tentu bisa membedakan lagi mana yang versi asli maupun mana yang versi tiruan, ini jelas bisa kita amati dari sisi kamera yang tentu sangat berbeda. Kita tentu mengenal sekali jika merek Samsung tidak asal – asalan dalam memberikan bekal kamera pada perangkat yang mereka luncurkan, kualitas gambar maupun video jelas mereka unggul jauh dibandingkan versi replika dengan bekal kamera yang abal – abal. Jika kamu mendapat hasil foto dengan hasil jauh dibawahnya dan masih banyak kamu temukan noise yang sangat menjamur, bisa jadi kamera yang kamu gunakan adalah kamera dari perangkat ponsel replika.

14.Gunakan Kode Rahasia

Ternyata untuk mengecek keaslian sebuah ponsel Samsung kita bisa menggunakan sebuah kode rahasia yang bisa kita gunakan dengan mudah. Cara ini sangat terbukti dalam membuktikan keaslian perangkat yang kamu punya, kamu tingga melakuan General Test Mode dengan menekan kode *#0*#.  Jika perangkat yang kamu gunakan adalah perangkat asli , tentunya kamu akan menemukan pilihan seperti cek warna (Red, Green , Blue ), Reciver, Vibration , Dimmer , Mega Cam, Touch , Sensor, Sub Key, Speaker, Sleep, dan Front Kamera. Dan dengan demikian kamu bisa menguji beberapa menu pilihan tersebut, dengan kata lain ini berarti perangkat anda asli. Samsung replika ataupun supercopy mana bisa menampilkan kode seperti ini.

15. Masukan IMEI Kode

Kode IMEI bisa kita katakan sebagai identitas sebuah ponsel, ini bisa kita rujukan dengan perbedaan setiap kode IMEI dari semua perangkat ponsel.  Dalam kode seperti itu biasanya mengandung informasi semacam merek ponsel, jenisnya, Negara pembuat ponsel tersebut,  tahun pembuatannya , dan masih banyak yang lainya. Jika kamu ingin menguji keaslian perangkat yang kamu punya, kamu bisa memasukan kode IMEI perangkat kamu pada sebuah situs imei.info . Jika perangkat yang kamu tes tadi asli bukan replika , ponsel kamu jelas akan secara cepat mudah untuk di diteksi situs tersebut. Kode IMEI sendiri memang bisa kita temukan pada kardus ponsel yang kita beli maupun di dalam mesin perangkat gadget kita. Dan untuk saat ini sendiri banyak IMEI yang tertulis di bagian belakang ponsel yang sudah banyak menggunakan baterai dengan jenis tanam.

16.Cek Dengan Aplikasi Terpercaya

Aplikasi yang terpercaya yang saya maksutkan disini adalah AnTutu ataupun Geniune Galaxy, kedua aplikasi tersebut bisa kamu gunakan untuk melakukan cek keaslian perangkat yang kamu punya. Bahkan aplikasi tersebut bisa dengan mudah untuk kamu undduh melalui Google Play Store. Dan jika perangkat kamu asli bukan replika, maka secara otomatis apikasi tersebut sudah bisa membaca perangkat apa yang terpasang dengan kedau aplikasi tersebut. Jenis dan tipe ponsel akan terbaca dengan cepat dan tepat tentunya, dan jika replika atau tiruan tentu tidak akan terditeksi denga aplikasi ini jenis ataupun seri ponsel tersebut.

17. Cek Harga Ponsel Kamu

Cara yang bisa kamu gunakan di tips terakhir ini adalah dengan melakukan pengecekan terhadap perangkat yang kamu beli ataupun ingin kamu beli. Bukan sebuah rahasia tersembunyi bagi publik lagi jika perangkat tiruan ataupun bajakan tentu memiliki harga yang relatif lebih rendah ataupun murah dari versi asli. Jika kamu mendapatai membeli sebuah ponsel dengan harga 2x lipat lebih murah dari harga pasaran, tentu kamu wajib mencurigai keaslian barang tersebut. Ini juga yang terjadi pada versi replika yang mempunyai harga jauh lebih murah dan tentunya bertolak belakang dengan harga versi asli.

Dan, itu dia sob segenap cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek apakah ponsel Samsung yang kamu gunakan atau beli adalah versi asli atau barang tiruan saja ? Cara yang sudah saya bagikan ini selayakanya untuk kalian pahami dan kalian terapkan jika ingin membeli sebuah perangkat gadget, tentu ini bisa menghindarkan kalian dari penipuan penjualan yang menguntungkan bagi satu pihak saja. Dan tentunya kita bisa merasakan dirugikan jika barang yang kita beli adalah barang tiruan ataupun replika maupun super copy.  Jika kamu benar – benar mengikuti tips yang sudh saya bagikan, tentu kalia bisa jauh terhindar dari penipuan barang tiruan ataupun replika.  

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara dan Tips Termudah Untuk Bedakan Smartphone Samsung Asli dan Palsu