Minggu, 14 Mei 2017

8 Fungsi Rahasia Tombol Power di Smartphone yang Tidak Kita Ketahui

8 Fungsi Rahasia Tombol Power di SmartphoneProfesorponsel.com – Meski secara keseluruhan smartphone saat ini berbentuk layar yang nyaris penuh pada bodi dan tidak memiliki tombol qwerty atau yang biasa kita sebut dengan tombol keypad. Namun hal tersebut tidak pernah meninggalkan beberapa tombol fisik yang tidak pernah hilang dari bodi ponsel dengan merk  apapun, tombol fisik yang masih ada hingga kini adalah tombol power serta volume up down yang masih selalu setia menemani setiap gadget yang ada. Mungkin anda sempat terbesit sebuah bayangan jika sebuah gadget tidak memiliki tombol power, nah hal tersebut tentu akan sangat merepotkan kita. Namun meski begitu tidak menutup kemungkinan jika di masa depan kelak akan ada gadget yang sama sekali tidak memiliki tombol fisik.

8 Fungsi Rahasia Tombol Power di Smartphone yang Tidak Kita Ketahui


Di balik hal penting ini semua tahukah anda jika tombol power pada gedget yang anda miliki sejaitan memiliki bebeapa fungsi rahasia. Fungsi dari tombol power bukanlah hanya berjalan dengan fungsi normal yang mereka miliki, namun tombol ini mempunyai beberapa fungsi rahasia yang bisa kita gunakan jika hal tersebut amat kita butuhkan. Nah jika kamu penasaran simak saja artikel kali ini yang akan membahas fungsi lain dari tombol power pada ponsel pintar yang anda miliki.

8 Fungsi Rahasia Tombol Power di Smartphone yang Tidak Kita Ketahui

Sama seperti yang sudah saya sampaikan tadi, bahwa tombol power merupakan komponen terpenting dalam gadget, bagiamana tidak hal itu akan sangat berasa jika tidak adanya tombol power atau tombol tersebut rusak kita akan merasa amat sangat direpotkan.  Tombol ini sejatinya memiliki fungsi lain jika kita mengkombinasikannya dengan tombol lain yang ada pada gedget kita. Dan langsung saja kita mulai dari fungsi pertamanya :

1.Menghidupkan dan Mematikan Layar

Fungsi ini tentunya adalah funsi normal dari tombol power yang kamu ketahui. Hanya dengan menekan serta menahan tombol fisik power tersebut dalam kisaran waktu 3 detik saja, kita sudah bisa menyalakan atau memadamkan layar dari gadget yang kita punya. Coba anda kata kamu mengalamai kerusakan pada tombol power smartphone kamu, maka kamu harus mencabut baterai ponsel kamu dan tentunya menghidupkannya akan terasa sulit jika tidak ada tombol power. Dn hal ini tentu akan semakin repot jika ponsel yang kamu gunakan adalah ponsel dengan baterai tanam seperti kebanyakn smartphone masa kini dan contoh saja Samsung Galaxy A7 2017 yang menggunakan baterai non-removable.

2. Mengambil Screenshot Layar

Mengambil tampilan dari layar atau screenshot pada ponsel dengan sistem operasi android biasanya memanfaatkan tombol power sebagai alat screenshot yang akan kita gunakan. Hal ini biasanya membutuhkan bantuan dari kombinasi tombol fisik lainya, terkadang dengan tombol menu home, atau mungkin dengan tombol volume up down. Jika ponsel yang anda gunakan adalah merk Samsung maka yang anda perlukan adlalah mengkombinasikan tombol power dengan tombol menu home. Namun ada beberapa aplikai yang bisa juga kamu gunakan sebagai cara screenshot agar lebih mudah, dan aplikasi seperti ini sudah banyak tersedia di Google Playstore. 

3. Recovery Mode

Untuk kamu yang sangat hobi mengotak-atik ponsel android, recovery mode adalah sebuah mode spesial yang mungkin sering kamu gunakan.  Mode ini sendiri biasnaya tidak terlalu banyak di ketahui oleh orang awam yang tidak memiliki hobi mengoprek-oprek gadget yang mereka gunakan. Agar bisa menjalankan atau membuka mode ini, kamu harus menekan kombinasi tombol antara tombol power dan juga tombol volume atas, dan terkdang juga harus menggunakan tombol power dan volume atas ditambah lagi dengan tombol home yang harus kamu tekan dengan bersamaan. Namun hal tersebut tentunya akan sangat tergantung dengan kombinasi masing-masing gadget yang kamu pakai.

Jika kamu masuk pada mode Recovery, disni kamu bisa melakukan beragam hal yang misalnya menghapus semua data , membersihkan cache, dan juga bisa juga kamu menjalankan update dari android debug brige. Namun jika kamu ingin menginstal custom ROM, maka dengan wajib kamu harus menganti Recovery Mode bawaan gadget kamu ke Custom Recovery terlebih dahulu.

4. Mengunci Layar Ponsel

Pastikan jika anda untuk selalu mengunci layar ponsel yang kamu gunakan agartidak ada orang usil lainya yang ngepoin isi dari ponsel anda. Jika anda mengaktifkan lockscreen pada ponsel anda dengan mode default, maka layar dari ponsel yang and pakai akan terkunci secara otomatis dalam tempo waktu 5 detik setelah hidup. Nmaun kamu juga bisa mengubahnya dengan sistem manual yang bisa memungkinkan kamu untuk mengunci layar ponsel yang kamu pakai dengan menekan tombol power di smartphone kamu. Mengunci layar ponsel tidak hanya sekedar membikin aman , namun bisa menghindari sentuhan layar yang tidak kita senganja sewaktu ponsel sedang dalam kondisi aktif di dalam saku celana kita.

5. Airpla Mode

Jika kamu menginkan mode Airplan, maka kamu hanya membutuhkan untuk menekan tombol power di ponsel kamu selama tiga detik saja.  Namu jika anda mungkin malas untuk menekan tombol volume, kamu juga bisa masuk ke Airplane mode dengan memasuki mode ini melalui Quick Setting. Menekan tombol power bukan hanya untuk mematikan ponsel saja, namun bisa untuk fungsi lain seperti mengaktifkan mode Airplan.

Mode ini tersedia untuk anda yang masih ingin menngunakan ponsel anda dan penggunaan ini membuat anda takut mengganggu fungsi pesawat apabila anda sedang melakukan perjalanan terbang dengan menggunakan pesawat terbang.  Denga menggunakan mode ini kamu masih bisa menggunakan gadget anda untuk sekedar bermain game atau meilihat-lihat gambar saja atau video dan juga bisa juga kamu menggunakan ponsel anda yang sudah masuk ke mode Airplan untuk mendengarkan musik.

6. Mengakhiri Panggilan

Apabila kamu bisa melakukan panggilan telepon, kamu juga bisa menggunakan tombol fisik power untuk mengakhiri panggilan telpon yang sedang kamu terima. Nah untuk caranya sendiri kamu tinggal masuk ke menu pengaturan untuk mengatur hal tersebut, kamu masuk saja pada menu setting ponsel kamu atau Settings Accessibility dan kemudia kamu cari saja pilihan opsi Power Button to Ends Call. Cara dan pengaturan ini mungkin tidak terlalu banyak diketahui oleh banyak orang dan kamu bisa menggunakan dan menerapkan pengaturan ini dengan mudah di gadget yang kamu pakai.

7. Safe Mode

Dengan masuk ke dalam Safe Mode pada akhirnya fitur ini akan membuat perangkat ponsel android kamu akan berjalan dengan lebih lancar dan ringan tentunya. Mode ini sendiri bisa anda pergunakan untuk menghapus beragam virus yang masuk ke dalam ponsel anda, terkadang virus yang masuk ke dalam ponsel yang kita gunakan bisa menghambat kinerja dari ponsel yang kita pakai. Sejatinya kebanyakan ponsel android bisa dengan mudah masuk ke dalam menu Safe Mode dengan hanya cukup menekan tombol power saja dalam keadaan ponsel mati atau padam. Cara untuk menggunakan mode ini adalah dnegan menekan tombol power dalam keadaan gadget mati serta kamu tekan saja tombol volume atas dan bawa secara bergantian.  Namun kombinasi ini sendiri akan tergantung dengan jenis ponsel yang anda pakai.

8. Download Mode

Fungsi lain yang bisa kamu temukan dari fungsi rahasia tombol power adalahDownload mode yang sejatinya banyak dimiliki oleh smartphone dari Samsung. Mode ini sendiri dipergunakan untuk melakukan banyak hal yang mungkin akan berkaitan dengan sisi layanan software yang tehubung dan dimiliki oleh pernagkat ponsel yang kamu pakai. Mode ini sendiri bisa untuk anda pergunakan dalam melakukan proses restore sistem andai sedang terjadi kerusakan yang mungkin disebabkan oleh software pada  smartphone yang kamu gunakan.

8 Fungsi Rahasia Tombol Power di Smartphone yang Tidak Kita Ketahui


Agar kkamu bisa masuk dalam download mode para perangkat smartphone Samsung yang kamu pakai adalah dengan cara menekan tombol power di tambah dengan tombol home dan juga volume atas secara bersamaan dengan keadaan ponsel yang anda gunakan sedang off atau mati. Jika proses ini berhasil anda lakukan , maka akan muncul gambar icon robot android berwarna hijau ini  yang akan muncul dengan beragam menu pilihan yang mengindikasikan bahwa kamu berhasil masuk ke dalam Download Mode.

8 Fungsi Rahasia Tombol Power di Smartphone yang Tidak Kita Ketahui


Nah dari kesimpulan tersebut tentu banyak sekalikan kegunaan lain dari tombol fisik power yang bisa kamu gunakan ? Namun jika kamu mals menggunakan tombol power, kamu bisa saja menggunakan aplikasi dari tombol power yang tersedia di Google Playstore yang bisa kamu install ke dalam perangkat gadget kamu biar tombol fisik power yang ada di ponsel kamu lebih awet dan jarang tersentuh. 

Dan itulah ke 8 Fungsi Rahasia Tombol Power di Smartphone yang Tidak Kita Ketahui yang sudah saya rangkumkan ke dalam artikel kami kali ini. Dan tidak hentinya terimakasih atas kunjungan anda ke Profesorponsel.com yang akan selalu menjadi sumber refrensi informasi seputar smartphone bagi anda semua. Jangan lupa share jika artikel ini menarik dan berisik banyak manfaat yang bisa kamu bagikan ke teman atau saudara atau mungkin ke teman social media yang kamu gunakan.  Jangan lupa kunjungi artikel lainya ya sob !!

Baca juga :

Alamat Service Center Resmi HP Samsung di Indonesia


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 8 Fungsi Rahasia Tombol Power di Smartphone yang Tidak Kita Ketahui