Jumat, 10 Februari 2017

Cara Mengatasi Smartphone Android Agar Tidak Lemot

Semakin maju dan pesatnya perkembangan dunia teknologi ,kian membuat ramai pasar industri smartphone.Harga-harga ponselnya pun kian berfariasi , sesuai dengan segala kecanggihan yang tertanam di dalam ponsel tersebut. Setiap ponsel memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri sesuai dengan fitur yang mereka miliki.

Cara Mengatasi Smartphone Android Agar Tidak Lemot

Semakin merebaknya pengguna ponsel Android yang kian menjamur dari hari keharinya. Hal ini juga tak lepas dari beragam keluhan para pengguna smartphone android yang sering mengalami kendala koneksi maupun kendala tersenddiri terhadap ponsel yang mereka gunakan. Masalah yang sering membuat para pngguna ponsel pintar ini adalah loading yang sangat lamban, hang , dan bahkan respon sentuhan yang kian kurang cepat dalam memproses sebuah piihan dalam ponsel pintar ini.

Nah, bagi kalian pengguna smartphone berkemampuan cerdas ini taak perlu riasau atau binggung lagi, sebab saya akan membagikan beberapa cara dan trick agar ponsel anda tidak cuman benggong ketika merespon sebuah perintah dari jari-jari kita.

Ada beberapa cara dan trick yang bisa kalian terapkan pada ponsel anda , yaitu :

1.Hapus Cache Pada Memori Internal Ponsel

Bagi pengguna setia ponsel  Android tentu sudah mengetahui apa itu Cache ? Ya, cache adalah sebuah penyimpanan memori sementara pada perangkat ponsel berbasis Android. Keberadaanya akan terus bertambah seiring penggunaan ponsel yang kian aktif ditiap harinya, hal itulah yang akan membuat cache memakan banyak memori internal ponsel dan akan mempengaruhi kinerja ponsel kita yang berdampak menjadi lamban.Untuk mengatasi hal itu  anda bisa mengatasinya dengan melakukan  pengisntallan aplikasi History Eraser di perangkat ponsel anda, agar bisa secara otomatis membantu pengurangan cache yang berlebihan pada ponsel anda.

2.Jangan Terlalu Banyak Menjalankan Aplikasi Secara Bersamaan

Menggunakan sebuah aplikasi secara bersamaan dapat menimbulkan maalah terssendiri terhadap ponsel Android anda. Hal ini akan berdampak menurunya performa RAM pada ponsel, dan akan semakin mebuat ponsel anda melamban.
Kebanyakan dari para pengguna ponsel Android tidak menyadari, bahwa  mebuka banyak aplaikasi secara bersamaan dapat menimbulkan suatu gejala ponsel yang kian melamban performanya.Saya sarankan kepada anda agar lebih baik menggunakan aplikasi android secara bergantian, dan tutuplah salah satu aplikasi yang menurut anda tidak terlalu  berguna untuk mencegah lambanya kinerja ponsel anda.

3.Kurangi Penggunaan Live Wallpaper

Kebanyakan dari sebagian orang lebih suka mengggunakan live wallpaper pada ponsel mereka, dan tanpa mereka sadari hal itu berpengaruh terhadat kinerja suatu punsel itu sendiri.
Saya menyarankan anda untuk mengurangi atau bahkan tidak menggunakan live wallpaper yang berdampak buruk terhadap kinerja ponsel yang kian menjadi lamban. Lebih baik anda menggunakan image yang sederhana sebagai tampilan wallpaper anda untuk membantu kinera ponsel Android anda agar  lebih maksimal.

4.Instal Aplikasi ke Memori Eksternal

Ketika kita mulai menginstal sebuah aplikasi ke ponsel kita, maka secara otomatis aplikasi yang terinstal ini akan masuk ke memori internal kita. Apalagi jika kita cukup banyak mengistal aplikasi ke ponsel kita ! Maka jelas hal seperti ini akan cenderung berdampak ke daya pacu sebuah ponsel.
Pindahkan saja semua aplikasi yang telah anda instal ke memori eksternal, agar terjadi pengurangan penggunaan memori internal pada ponsel anda. Mmindahkan semua aplikasi di ponsel anda dari internal ke eksternal  akan membantu mengatsi segala problem dalam mengatasi kinerja yang lamban pada ponsel Android anda.

5.Tututp Aplikasi Yang Tak digunakan

Terkadang tanpa kira sadari kita sudah membuka berbagai aplikasi pada ponsel kita dan kita lpa bahwa hal ini ddapat menjadi faktor utama lambannya sebuah ponsel. Aplikasi yang sedang dioperasikan  tentu akan membutuhkan pemakaian RAM itu sendiri. Segera tutu saja aplikasi yang tidak anda gunakan guna membantu sbuah kecepatan respon pada ponsel anda sendiri.

6.Jangan Gunakan Auto Rotate Jika Tidak Diperlukan

Screen rotation adalah sebuah fitur yang akan menyesuaikan tampilah horizontal pada ponsel kita, dengan di aktifkannyafitur ini jelas akanberdampak pada peraanaagkat Android anda. Jika tidak teramat anda gunakan sebaiknya anda non aktifkan fitur ini, karena fitur ini jufa memerlukan sedikit ruang penyimpanan dan kinerja melalui RAM internal anda.
Aktifkn saja fiturini ketika mode ponsel secara horizonal maupun vertikal sedang anda butuhkan demi suatu kebutuhan dan kenyamanan anda dalam menggunakan ponsel anda sendiri.

7.Jangan Menggunakan Fitur Auto Brightness

Fitur ini berfungsi sebagai pengatur intesitas cahaya pada ponsel Android anda, fitur ini tidak hanya akan memakan kapasitas RAM ponsel anda namun fitur ini juga akan sedikit lebih cepat mengurangi daya batrey dari ponsel anda. Saya menyarankan sebainya anda menggunakan fitur ini ketik anda sedang berada di itensitas cahaya yang tinggi agar ponsel anada bisa menampilkan gambar laya ponsel anda.

8.Pergunakanlah MicroSD

MikroSD dapat kita sebut juga dengan ebutan kartu memori, dengan adanya penambahan kartu memori pada ponsel anda akan memberikan sebuah keluasan penyimpanan pada ponsel anda. Dengan seperti itu ponsel anda akan memiliki penyimpanan yang ssedikit luas dan tidak akan berdampak pada sistem kerja ponsel anda.

9.Hapus Tumpukan SMS

Tanpa kita sadari penumpukan pesan singkat atau SMS pada ponsel kita berpegaruh terhadap kinerjanya sendiri. Kadang kita meremehkan tumpukan pesan sms kita di inbox maupun outbox, perlu kalian ketahui hal ini akan memapan sirtem kapasitas RAM anda sendiri. Ponsel akan menjadi lambat, ponsel pun kian cepat panas dan serasa akan meledak. Kalau sudah seperti ini kita yang akan sedikitt merasa kebingungan.

Tapi dengan adanya artikel dan ulasan ini, semoga akan menambah ilmu anda dan mengatasi kineja lamban pada ponsel anda.Semoga artikel saya selalu bermanfaat bagi para pembaca.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Smartphone Android Agar Tidak Lemot